KAJIAN MUATAN KPS PADA LKS BIOLOGI SMA

Sugeng Pranata, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The purpose of this study to determined the matter suitability with Basic Competence (BC) and contents of Science Process Skill (SPS) that implemented in student worksheets. The research design was simple descriptive, with purposive sampling technique. The samples were biology student worksheets of class X, XI and XII in semester 1. The quantitative data obtained from the scored quantity of the matter suitability with BC and indicators of SPS in student worksheets. The result showed that biology student worksheets had average of the matter suitability with BC was 92,2% and it had implemented contents of SPS.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian materi dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Kompetensi Dasar (KD) dan Keterampilan Proses Sains (KPS) yang dikembangkan dalam LKS. Desain penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif sederhana, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah buku LKS Biologi kelas X, XI dan XII semester 1. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari banyaknya jumlah skor yang diperoleh dari hasil penskoran terhadap kesesuaian materi LKS dengan KD dan indikator muatan KPS yang dikembangkan dalam LKS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS Biologi yang digunakan  SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu memiliki tingkat kesesuaian materi LKS dengan KD rata-rata sebesar 92,2% dan termasuk ke dalam kategori tinggi serta telah mengembangkan muatan KPS.

Kata kunci: LKS, kesesuaian materi dengan kompetensi dasar, KPS

Full Text:

PDF

References


Dahar, R. W. 1985. Kesiapan Guru Mengajarkan Sains di Sekolah Dasar Ditinjau dari Pengembangan Keterampilan Proses Sains. Bandung: UPI.

Darkuni, N. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Bidang Studi Biologi. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi untuk Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

________. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Indrianto. 1998. Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa dalam Pengajaran Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar. Semarang: IKIP Semarang.

Nuryanti, N. 2013. Analisis Keterampilan Proses Sains dalam LKS Biologi SMA yang digunakan di Wilayah Kota Yogyakarta. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. http//:journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel. 24 Desember 2013 (10.45 WIB).

Rustaman, A, dan A. R.Wulan. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Bandung: Universitas Terbuka.

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Saptono, S. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV AFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.