PENGARUH BAHAN AJAR MODUL REMEDIAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Dewi Citra Handayani, Tri Jalmo, Pramudiyanti Pramudiyanti

Abstract


This study was aimed to know the influence of using remedial modules learning material on the minimum completeness criteria (MCC) student achievement. The research design was equivalent control group. Samples were all of the VIII class who have remedial and was selected by purposive sampling. The research data were quantitative and qualitative. The quantitative data were the average of pretest, posttest and gain were analyzed by U-test. The qualitative data was the student responses questionnaire were analyzed decriptively. The results showed that student achievement was increase with value average of pretest (35.38); posttest (73.42); and gain (0.59). The most of students (90.44%) gived positive respond to the using of remedial modules learning material. Thus, learning use remedial modules learning material influence to increas the MCC in the Human Circulatory System subject matter.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar modul remedial terhadap pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa. Desain penelitian adalah kelompok kontrol ekivalen. Sampel penelitian adalah seluruh kelas VIII yang mengalami remedial dan dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, postest dan gain yang dianalisis menggunakan uji U. Data kualitatif berupa angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretest (35,38); posttest (73,42); dan gain (0,59). Sebagian besar siswa (90,44%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar modul remedial. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar modul remedial berpengaruh dalam meningkatkan KKM siswa pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Manusia.

 

 

Kata kunci : hasil belajar kognitif siswa, modul remedial, sistem peredaran darah manusia


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Diakses dari http://bsnp-Indonesia.org/id/wpcontent/uploads/ kompetensi/Panduan_Umum_KTSP.pdf. Pada rabu, tanggal 17 april 2013, pukul 21:33 WIB.

Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara.

_________. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Kartikaningtyas, M. 2012. Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa. Semarang : Universitas Kristen Satya Wacana . Diakses dari http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/862. Pada senin, 08 april 2013, Pukul 20.04 WIB.

Majid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Marthatika, D. 2012. Pengaruh penggunaan bahan ajar modul berbasis CTL terhadap Hasil Belajar. Diakses dari http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/2571. Pada minggu, 19 mei 2013. Pukul 21.38 WIB.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA press.

Prawiradilaga. 2005. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Roestiyah. 1994 . Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. Jakarta : Rineka Cipta.

Ruseffendi. 1994. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang : IKIP Semarang Press.

Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.