PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MELALUI METODE DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS

Ismu Reni Septantia, Pramudiyanti Pramudiyanti, Berti Yolida

Abstract


This study was aimed to determine the effect of media use image through the discovery method of KPS. This study design was pretest-posttest non equivalent group. Samples were VIID and VIIG, chosen by cluster random sampling. This research data the form of quantitative which obtained from the average value of test were analyzed by using t-test and U-test. The qualitative data which obtained from the observation sheet of learning activities and questionnaire responses of students were analyzed descriptively. The results showed that the use of media images through the discovery method was able to improve the students KPS, it was shown at the value of (N-gain 64.39) experimental class higher and significantly different than the control classes (N-gain19.90). Learning activities of the students was also improved with average 77.78 of the experimental class and 62.79 in the control class. Most students responded positively to media images through the use of discovery methods.


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media gembar melalui metode discovery terhadap KPS. Desain penelitian pretest-posttest kelompok nonequivalent. Sampel penelitian siswa kelas VIID dan VIIG, dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media gambar melalui metode discovery dapat meningkatkan KPS siswa, terlihat pada nilai (N-gain 64,39) kelas eksperimen lebih tinggi dan berbeda nyata dibandingkan kelas kontrol (N-gain 19,90). Aktivitas belajar siswa juga meningkat dengan rata-rata 77,78 kelas eksperimen dan 62,79 pada kelas kontrol. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media gambar melalui metode discovery.

Kata kunci : aktivitas siswa, keterampilan proses sains, media gambar, metode discovery


Full Text:

PDF

References


Agustina. 2009. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Metode Inquiri dan Discovery terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep pada Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup. Universitas Lampung. Bandar Lampung

Anonim. 2011. Pengertian Pendidikan. www.puspendik.com. 28 April 2011 (19:44 WIB)

Arikunto. S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi VIII. Grafindo. Jakarta. Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi SMA. Dalam http://sasterpadu.tripod.com/sas_store/Biologi. Pdf (pada hari senin, 5 November 2012; 11.52 WIB).

Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Fatimah, S. 2010. Pembelajaran Guide Discovery melalui LKS Konstruktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains (skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamzah, B. 1981. Media Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Imtihani, N. 2007. Komparasi efektifitas Penggunaan Media Model dan Gambar Terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Studi Kalijaga. Yogyakarta. Diakses dari http://digilib.uinsuka.ac.id/846//BAB%20I,%20BAB%20V,%20DP. pdf pada Jumat, 28 Desember 2012 11.27 a.m.

Mulyasa. 2005. http://ifzanul.blogspot.com/macam-macam-metode-pembelajaran.html(8 Desember 2012 : 09.30 WIB).

Nopitasari, A. 2012. Pengaruh Metode Student Created Case Studies disertai Media Gambar terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo (Skripsi). Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Diakses dari http://biologi.fkip.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2012/02/ANGGUNNOPITASARI_K4308069.pdfpada Senin, 3 Desember.2012 2.21 p.m.

Purnamasari. 2010. Media pendidikan. PT Grafindo persada. Jakarta

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. SIC. Jakarta.

Sardiman. 2008. Interaksi dan motivasi belajar Mengajar. P.T Raja Grafindo Persada. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.