PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL JIGSAW DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM

Novi Yolanda, Pramudiyanti Pramudiyanti, Rini Rita T Marpaung

Abstract


This study was aimed to compare of Jigsaw model and NHT of student learning outcome and student activities. This study design was pretest-posttest non equivalent group. Samples were VIIA  and VIIC, chosen by purposive sampling. The average value of pretest-posttest were analyzed by using U-test and qualitative data which obtained from the learning activities observation sheet.  The results of this research showed that the use of Jigsaw model and NHT was improve learning outcome, but Jigsaw model (N-gain 64.56) was higher and significantly different than NHT (N-gain 57.78). Learning activities Jigsaw was higher than NHT with average 77 (Jigsaw)and 71 (NHT ) with each percentage were give opinions or ideas (Jigsaw 77 and NHT 66), cooperation with friends (Jigsaw 79 and NHT 71), view friends presentations (Jigsaw 83 and NHT 71), ask ability (Jigsaw 82 and NHT 83), answer the questions ability (Jigsaw 67 and NHT 64).

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan model Jigsaw dan NHT terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Desain penelitian pretest-posttest kelompok non-equivalen. Sampel penelitian siswa kelas VIIA dan VIIC, dipilih secara purposive sampling. Rata-rata nilai pretest-posttest dianalisis menggunakan uji-U dan data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model Jigsaw dan NHT dapat meningkatkan hasil belajar, namun penggunaan model Jigsaw (N-gain 64.56) lebih tinggi dan berbeda nyata dibandingkan NHT (N-gain 57.78). Aktivitas belajar Jigsaw lebih tinggi dibandingkan NHT dengan rata-rata 77 (Jigsaw) dan 71 (NHT) dengan persentase masing-masing yaitu mengemukakan pendapat atau ide (Jigsaw 77 dan NHT 66 ), bekerjasama dengan teman (Jigsaw 79 dan NHT 71), memperhatikan presentasi teman (Jigsaw 83 dan NHT 71), kemampuan bertanya (Jigsaw 82 dan NHT 83), kemampuan menjawab pertanyaan (Jigsaw 67 dan NHT 64).

 

Kata kunci: aktivitas belajar, ekosistem, hasil belajar, jigsaw, NHT


Full Text:

PDF

References


Dasna dan Sutina. 2010. Permasalahan Dalam Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta

Djamarah. 2000. Proses Pembelajaran Interaksi Edukatif. Bumi Aksara, Jakarta

Ghufron, 2011. Penerapan Model JIGSAW Terhadap Hasil Belajar. Universitas Lampung, Bandar Lampung

Hadjar. 1999. Metodologi Penelitian. Grasindo, Jakarta

Harun R dan Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. CV Wacana Prima, Bandung

Lie, A. 2004. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas.Grasindo, Jakarta

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta

Muhfahroyin. 2009. Metodologi Pembelajaran menggunakan metode Jigsaw. Dari : http://muhfahroyin.blogspot.com/ (20 April 2013, 20.00 WIB)

Muhfiroh. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Aktifitas Siswa. Universitas Lampung, Bandar Lampung

Nugraha, 2008. Penerapan Model Pembelajaran NHT Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Universitas Lampung, Bandar Lampung

Riyanti, 2009.Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Universitas Lampung, Bandar Lampung

Santoso. 2009. Strategi Pembelajaran Terhadap Aktivitas Siswa.PT Tarsito, Bandung

Santoso. 2011. Proses Belajar Mengajar. PT Tarsito, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.