PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Nopri Jumarni, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This study aimed to determine the effect of guided inquiry learning model in improving student scientific process skills (SPS) and learning activities. This study uses a pretest-posttest design non-equivalent groups with a sample of students were class XI IPA2 and XI IPA3 selected the population by purposive sampling technique. This research data were qualitative and quantitative data. Qualitative data were the activities and student's questionnaire responses. Quantitative data was the average SPS scores were analyzed using t-test and U-test.The results showed that the average increase of student’s SPS is 62,93%. The majority of students (90,32%) gave a positive response to the application of guided inquiry learning model. Thus, guided inquiry learning model influential in improving scientific process skills and student learning activities in the subject matter of the reproductive system.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan KPS dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes kelompok non-ekuivalen dengan sampel kelas XI IPA2 dan XI IPA3 yang dipilih dari populasi dengan teknik purposive sampling.Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif.Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata KPS siswa yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan KPS siswa adalah 62,93%. Sebagian besar siswa (90,32%) memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan aktivitas belajar siswa pada materi sistem reproduksi.

 

Kata kunci :  inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains (KPS), sistem reproduksi


Full Text:

PDF

References


Bilgin, I. 2009. The Effects of Guided Inquiry Instructions Incorporating a Cooperative Learning Approach on University Students’ Achievement of Acid and Bases Concept and Attitude Toward Guide Inquiry Instruction. Diakses dari http://www.academicjournals.org/sre/pdf/pdf2009/Oct/Bilgin.pdf pada Jum’at, 30 November 2012 09:30 a.m.

Colburn, A. 2000. How to Make Lab Activities More Open-Ended. Diakses dari http://www.exploratorium.edu/resources/workshop/lab-activities.pdf pada Jum’at 7 Desember 2012 10.40 a.m.

Hamdiyati Y. dan Kusnadi. 2006. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah pada Matakuliah Mikrobiologi. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/196611031991012-YANTI_HAMDIYATI/BUAT_KE_JURNALMIPA.pdf pada Senin, 06 Mei 2013 06.41 a.m.

Hanson, D. M. 2012. Designing Process-Oriented Guided-Inquiry Activities. Diakses dari http://quarknet.fnal.gov/fellows/TLDownloads/Designing_POGIL_Activities.pdf pada Rabu, 09 Januari 2013 11:00 a.m.

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Diakses dari http://dikdas.jurnal.unesa.ac.id/bank/jurnal/Model_Pembelajaran_Berbasis_Peningkatan_Ketrampilan_Proses_Sains.pdf pada Rabu, 09 Januari 2013 10:15 a.m.

Hatminingsih, E. S. 2011. Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing Trerhadap Keterampilan Proses Sains oleh Siswa Materi Pokok Sistem Gerak pada Manusia. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Ismail, Z. dan I. Jusoh. 2001. Relationship Between Science Process Skills and Logical Thinking Abilities of Malaysian Students. Diakses dari http://www.recsam.edu.my/R&D_Journals/YEAR2001/2001Vol24No2/67-77.pdf pada Kamis, 02 Mei 2013 11.24 a.m.

Nandang. 2009. Pendidikan Sains di Sekolah dan Kebutuhan Masyarakat. Diakses dari http://nandang.blogdetik.com/2009/04/08/pendidikan-sians-di-sekolah-dan-kebutuhan-masyarakat/ pada Rabu, 09 Januari 2013 10:00 a.m.

Paidi. 2007. Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Sleman. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Guided%20Inquiry%20and%20Scientific%20Skill-%20Paidi%20UNY.pdf pada Jum’at, 30 November 2012 09:35 a.m.

Riyanto, Y. 2001.Metodologi Pendidikan. Penerbit SIC. Jakarta.

Semiawan, C., Tangyong A. F., S. Belen, dan Wahjudi, S. 1987. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Penerbit Gramedia. Jakarta.

Willington, H. 2009. Science Process Skills: A Theoretical Overview. Diakses dari http://shodhganga.inflibnet.ac.in/bitstream/10603/417/7/07_chapter%202.pdf pada Kamis 6 Desember 2012 09.15 a.m.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.