PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Iska Widia Renny, Pramudiyanti Pramudiyanti, Rini Rita T Marpaung

Abstract


The purpose of this study was known influence of using picture card media toward critical thinking of students. This study design was pretest-postest non equivalent group. Samples were X4  and X5  that chosen by purposive sampling. The data of research qualitative and quantitative. The form of qualitative data was descriptions of learning activities and students questionnaire responses. Quantitative data taken of the average value of test were analyzed using t-test and U test. The results showed that activities students discipline and motivation (88.46), interaction with their partners (79.81) and communication skills of students (69.23) increased. Most of the studens gave a  positive response to the use of  picture card. Critical thinking of students was also improve with average N-gain 51.67. Thus, it can be concluded that learning use picture card media  was influenced to improve critical thinking of students.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen.  Sampel penelitian adalah siswa kelas X4dan X5 yang dipilih secara purposive sampling.  Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas kedisiplinan dan motivasi siswa (88.46), interaksi siswa dengan pasangannya (79.81) dan kecakapan komunikasi siswa (69.23) mengalami peningkatan. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media kartu bergambar. Keterampilan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 51.67. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media kartu bergambar berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: aktivitas, kartu bergambar, keterampilan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Amri, S dan Ahmadi, I. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran.Prestasi Pustaka. Jakarta.

Apriyani, N. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Protista. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandarlampung.

BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh Model Silabus SMA/MA. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Depdiknas. 2003. Panduan Pengembanagan Bahan Ajar. Depdiknas. Jakarta.

Hadjar, I. 1999. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Raja Grasindo. Jakarta.

Hamalik, O. 2004. PendidikanGuru Berdasarkan Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Sadiman, A.S, dkk. 2008. Media Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudjana, N. dan Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Widayati. 2011. Penggunaan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Anak Kelompok B Pada Tk Angkasa I Malang. (Skripsi) Universitas Negeri Malang. Malang. http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=50986 (8 April 2012; 22.19 WIB)

Zulaika, L.2011.Pemanfaatan Media Kartu Bergambar Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Cepoko Iii Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011. (Skripsi) Universitas Negeri Malang. Malang.

http://library.um.ac.id/free-contents/downloadpdf.php/pub/pemanfaatan-media-kartu-bergambar( 29 Oktober 2011).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.