PENGARUH STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA

Binti Nurhabibah, Arwin Achmad, Pramudiyanti Pramudiyanti

Abstract


This study implemented LSQ strategy which were to find out the influence of the LSQ strategy to the students’ mastery. The design was  pretest-postest non-equivalent which used cluster random sampling. The study was held on SMPIT Baitul Muslim at VIIA as control class and VIID as experiment class. N-gain was obtained from pretest and posttest score which was analyzed by using t test and U test (Mann Whitney Test) at SPSS 17. The result of this study showed that the avarage students’ score, which was taught by LSQ, increased from 53,33 to 69,63 which indicated the increase about 16,30%. This study also showed the increase students’ material mastery at the experiment class higher than the control class with average N-gain 33,53 at experiment class confidence rate about 95%.

Penelitian ini menggunakan strategi LSQ dalam pembelajaran untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi LSQ terhadap penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini meggunakan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VIID sebagai kelas eksperimen pada SMPIT Baitul Muslim. Pemilihan sampel secara cluster random sampling.  Data penelitian berupa nilai penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari tes awal dan tes akhir, kemudian dicari N-gain dan  dianalisis menggunakan uji t dan uji U (Mann Whitney Test) melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas eksperimen sebesar 69,63 meningkat sebanyak 16,30% disbanding rata-rata sebelumnya sebesar 53,33. Pada penelitian ini juga menunjukkan terjadinya peningkatan penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,53 pada taraf kepercayaan sebesar 95%.

 

Kata kunci : ciri-ciri makhluk hidup, learning start with a question, penguasaan materi


Full Text:

PDF

References


Asyhar, M. 2004. Studi Korelasi Antara Keberanian Bertanya Dengan Natijah Al Dars (Prestasi Belajar) Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas III Madrasah Tsanawiyah Sunan Katong Kaliwungu Kendal. IAIN Sunan Ampel: Surabaya. Diakses tanggal 26 September 2011: 06:52 WIB. http://digilib.sunan-ampel.ac.id

BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA Mata pelajaran biologi. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Charyanti, D. 2006. Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 10 Cirebon terhadap Konsep Sistem Gerak Pada Manusia dan Hewan dengan Penerapan Strategi LSQ dan IS. Skripsi. UNNES: Semarang. Diakses pada 12 Maret 2010; 12:10 WIB. http://digilib.unnes.ac.id

Fi’liyah. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Problem Posing untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan SPLPV kelas VIII MTs Darul Ulum Waru. Skripsi. IAIN Sunan Ampel: Surabaya. Diakses pada tanggal 26 September 2011: 06:49 WIB. http://digilib.sunan-ampel.ac.id

Koestoro, B. 2007. Karakteristik Pendidikan Dasar (SD dan SMP) di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal. UNY: Yogyakarta. Diakses pada 2 Mei 2013; 16:35 WIB. http://journal.uny.ac.id

Mathedu. 2010. Pengertian Membaca. Unila. Lampung. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2012. 20.33 WIB. http://www.mathedu-unila.blogspot.com

Silberman, M. L. 2007. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani. Yogyakarta.

Slavin. R. E. 2008. Cooperatif Learning. Nusa Media : Bandung.

Susatyo, E. B., Rahayu, S. M., dan Yuliawati, R. 2009. Penggunaan Model Learning Start With A Question Dan Self Regulated Learning Pada Pembelajaran Kimia Unnes: Semarang. Diakses pada tanggal 16 April 2013. 23:56 WIB . http://journal.unnes.ac.id

Yunita, N. I. 2009. Pengaruh Strategi Learning Start With A Question Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Fiqih Di Mts Darul Ulum Waru Sidoarjo. Skripsi. IAIN Sunan Ampel: Surabaya. Diakses pada 16 Februari 2010. 14:05 WIB. http://digilib.sunan-ampel.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.