Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Case Based Learning pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V
Abstract
This study aims to analyze the needs of elementary school students for the development of learning models based on the Case Based Learning in improving students' critical thinking skills. This type of research is descriptive qualitative. Data was collected through interviews, tests and questionnaires, then analyzed using Miles and Huberman's model. The subjects of this study were 40 students and a class V teacher. The results of this study indicated that 90% of students were interested in thematic learning associated with everyday life. only 42.5% of students met the KKM for SBdP subjects and 35.9% met the KKM for science subjects on theme 2 sub-theme 1 learning 5. These learning results indicated that the Case Based Learning model applied had not been able to improve students' critical thinking skills.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa sekolah dasar terhadap pengembangan model pembelajaran berbasis pendekatan Case Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, tes, dan angket, kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Subjek penelitian ini adalah 40 siswa dan seorang guru kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 90% siswa tertarik dengan pembelajaran tematik yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, selain itu siswa SDN 104208 Cinta Rakyat telah menggunakan model Case Based Learning dalam pembelajaran tematik, namun hanya 42,5% siswa yang memenuhi KKM mata pelajaran SBdP dan 35,9% yang memenuhi KKM mata pelajaran IPA pada tema 2 subtema 1 pembelajaran 5. Hasil belajar tersebut mengindikasikan bahwa model Case Based Learning yang diterapkan belum mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: case based learning, berpikir kritis, tematik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azzahra, A. (2017). Pengaruh Model Case Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Jamur, Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Andrian, Y. & Rusman. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12 (2), 170.
Emily R.Lai. (2011). Critical Thinking: A Literature Review Research Report. Pearson.
Dita, dkk. (2017). Penerapan Case Based Learning sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2017. 243-250.
Herlina, M., Syahfitri, J., & Ilista, i. (2020). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Dengan Meodel Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Edubiotik: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Terapan, 5(01), 42-52.
Karim, Normaya. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3, No 1.
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Palupi, B.S., Subiyantoro, S., Rukayah, & Triyanto. (2020). The Effectiveness of Guided Inquiry Learning (GIL) and Problem Based Learning for Explanatory Writing Skill. International Journal of Instruction, 13 (1), 713-730.
Saavedra, A. R. & Opfer, V. D. (2012). Teaching and Learning 21st Century Skills: Lessons from the Learning Sciences, A Global Cities Education Network Report. Retrieved from http://asiasociety.org/files/ rand-1012report.pdf.
Syamsul & (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. 562-569.
Yustyan. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Universitas Muhamadiyah Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.