Pendekatan Deduktif Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Desi Asmarita, Akbar Handoko, Bambang Sri Anggoro, Meita Dwi Solviana, Nukhbatul Bidayati Haka, Raicha Oktaviani, M Marzuki

Abstract


The research aimed to know the effect of using learning video in liveworksheet towards students’ problem solving ability at SMAN 1 Bandar Lampung on environmental change material for class X of the 2021/2022 academic year. The research design used in this study is the non-equivalent control group design. The research took sample of 72 students consisting of class X MIPA 4 as a control class and X MIPA 5 as an experimental class with purposive sampling technique. Problem solving ability data obtained from pretest-posttest were analyzed using the Independent sample t-test analysis technique. The results showed that at the 0.05 significance level, the Sig. value was obtained. (2-tailed) 0.004 < 0.05. So it can be concluded that there is a significant effect of the use of learning videos in live worksheets towards the problem solving abilities of students on the material of environmental change.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video pembelajaran dalam Liveworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMAN 1 Bandar Lampung pada materi perubahan lingkungan pada kelas X semester genap tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini  adalah Non equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 72 peserta didik yang terdiri dari kelas X MIPA 4 sebagai kelompok kontrol dan X MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan teknik analisis Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan video pembelajaran dalam liveworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan lingkungan.

Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, liveworksheet, video pembelajaran

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v10i2.25133


Keywords


Deductive Approach, Mind Mapping, Creative Thinking Ability

Full Text:

PDF

References


Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766

Candra, P., Artini, Y., Bagus, I., Sudria, N., Kartowasono, N., & Ganesha, U. P. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Deduktif. 3(2), 77–84.

Casella, G.,& Berger, R. L.(2002). Statistical Inference (2 ed.). Duxbury.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. 2020, 1–17. https://osf.io/mpng9/download

Hidayati, T. P., Sutresna, Y., & Warsono, W. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1. https://doi.org/10.25157/jpb.v9i1.5327

Hsm, S. A. A. P., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri. (2021). Kemapuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Self Regulated Learning dengan Pendekatan Open-Ended Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(1), 11–22. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.847

Kesuma, M., & Reni Puspita Sari. (2020). Pengembangan Modul Sharaf Dengan Pendekatan Deduktif Di Pondok Modern Madinah Lampung. Studi Arab, 11(1), 27–36. https://doi.org/10.35891/sa.v11i1.1944

Maskur. R., Sumarno. Rahmawati. Y., Pradana. K., SYAZALI. M., Septian. A., & Palupi. E., K. (2020). The effectivenes of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research. 9(1). 375-383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Ningsih, S. A., Rasyid, Y., & Muliastuti, L. (2018). Analisis Kebutuhan Materi Ajar Membaca BIPA A1 dengan Pendekatan Deduktif di SD D’Royal Moroco. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2), 85. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5974

Penelitian, J., Pendidikan, A., Istiningsih, A., Kasih, H., Permata, I., Kristen, U., Wacana, S., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). E d u k a s i. 11(1), 1–16.

Setyoningtyas, N. M., Astriani, D., & Qosyim, A. (2022). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 10(1), 135–141.

Sugandi, A. I., Sofyan, D., & ... (2021). … Menggunakan Deduktif Induktif Berbantuan Geogebra Dalam Meningkatk Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Masa Pandemi. JPMI (Jurnal …, 4(1), 149–160. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.149-160

Suprapto, P. K., Ardiansyah, R., Diella, D., & Chaidir, D. M. (2018). Kreativitas Mahasiswa Dengan Pendekatan Deduktif Dan Induktif Pada Model Pembelajaran Wimba. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(4), 415–419. https://doi.org/10.24114/jpp.v5i4.8879

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Julita, A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (Biomap). Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 86–98. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31861

Syahidah, N. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY, (pp. 108-117).

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99

Ulfah, M. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Mind Mapping. 2(2015), 300–308.

Wahyu Bagja Sulfemi, D. Y. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. … Pancasila Dan Kewarganegaraan. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021

Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif Dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.58

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.