Pendekatan Deduktif Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik
Abstract
The research aimed to know the effect of using learning video in liveworksheet towards students’ problem solving ability at SMAN 1 Bandar Lampung on environmental change material for class X of the 2021/2022 academic year. The research design used in this study is the non-equivalent control group design. The research took sample of 72 students consisting of class X MIPA 4 as a control class and X MIPA 5 as an experimental class with purposive sampling technique. Problem solving ability data obtained from pretest-posttest were analyzed using the Independent sample t-test analysis technique. The results showed that at the 0.05 significance level, the Sig. value was obtained. (2-tailed) 0.004 < 0.05. So it can be concluded that there is a significant effect of the use of learning videos in live worksheets towards the problem solving abilities of students on the material of environmental change.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video pembelajaran dalam Liveworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMAN 1 Bandar Lampung pada materi perubahan lingkungan pada kelas X semester genap tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 72 peserta didik yang terdiri dari kelas X MIPA 4 sebagai kelompok kontrol dan X MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan teknik analisis Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan video pembelajaran dalam liveworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan lingkungan.
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, liveworksheet, video pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766
Candra, P., Artini, Y., Bagus, I., Sudria, N., Kartowasono, N., & Ganesha, U. P. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Deduktif. 3(2), 77–84.
Casella, G.,& Berger, R. L.(2002). Statistical Inference (2 ed.). Duxbury.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. 2020, 1–17. https://osf.io/mpng9/download
Hidayati, T. P., Sutresna, Y., & Warsono, W. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1. https://doi.org/10.25157/jpb.v9i1.5327
Hsm, S. A. A. P., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri. (2021). Kemapuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Self Regulated Learning dengan Pendekatan Open-Ended Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(1), 11–22. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.847
Kesuma, M., & Reni Puspita Sari. (2020). Pengembangan Modul Sharaf Dengan Pendekatan Deduktif Di Pondok Modern Madinah Lampung. Studi Arab, 11(1), 27–36. https://doi.org/10.35891/sa.v11i1.1944
Maskur. R., Sumarno. Rahmawati. Y., Pradana. K., SYAZALI. M., Septian. A., & Palupi. E., K. (2020). The effectivenes of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research. 9(1). 375-383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
Ningsih, S. A., Rasyid, Y., & Muliastuti, L. (2018). Analisis Kebutuhan Materi Ajar Membaca BIPA A1 dengan Pendekatan Deduktif di SD D’Royal Moroco. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2), 85. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5974
Penelitian, J., Pendidikan, A., Istiningsih, A., Kasih, H., Permata, I., Kristen, U., Wacana, S., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). E d u k a s i. 11(1), 1–16.
Setyoningtyas, N. M., Astriani, D., & Qosyim, A. (2022). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 10(1), 135–141.
Sugandi, A. I., Sofyan, D., & ... (2021). … Menggunakan Deduktif Induktif Berbantuan Geogebra Dalam Meningkatk Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Masa Pandemi. JPMI (Jurnal …, 4(1), 149–160. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.149-160
Suprapto, P. K., Ardiansyah, R., Diella, D., & Chaidir, D. M. (2018). Kreativitas Mahasiswa Dengan Pendekatan Deduktif Dan Induktif Pada Model Pembelajaran Wimba. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(4), 415–419. https://doi.org/10.24114/jpp.v5i4.8879
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Julita, A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (Biomap). Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 86–98. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31861
Syahidah, N. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY, (pp. 108-117).
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99
Ulfah, M. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Mind Mapping. 2(2015), 300–308.
Wahyu Bagja Sulfemi, D. Y. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. … Pancasila Dan Kewarganegaraan. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021
Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif Dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.58
Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.