Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa MTS Medan Tembung

Sari Fatmawati, Indayana Febriani Tanjung, Khairuna Khairuna

Abstract


This study aims to determine the effect of the inquiry learning model and the creative problem-solving learning model on student learning outcomes. This research was conducted at MTs Madinatussalam Tembung for the academic year 2020/2021. The research method is quasi-experimental. The sample used in the study was 60 students, the sampling in this study was simple random sampling. The instrument in the study used a pretest and posttest. Based on the results of the research, the results of hypothesis testing on the results of the Inquiry class hypothesis test. From the table above, the value of t(count )= 8,594 and the value of t_(table )= 2.0243 so that t_(count)>t_(table) which is therefore Ho is rejected. Ha accepted. Based on the results of hypothesis testing, there is an influence of the inquiry learning model. The results of the hypothesis test for the Creative Problem-Solving class. From the table above, the value of t(count )= 8, 683 and the value of t_(table )= 2.0243 so that t_(count )>t_(table ) which means that Ho is rejected, Ha is accepted. Based on the results of hypothesis testing, there is an influence of the Inquiry learning model and Creative Problem-Solving learning model on student learning outcomes at MTs Madinatussalam Medan Tembung.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Madinatussalam Tembung tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa, pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, hasil pengujian hipotesis pada hasil uji hipotesis kelas Inkuiri. Dari tabel diatas diperoleh nilai t_(hitung )= 8,594 dan nilai t_(tabel )= 2,0243 sehingga t_(hitung)>t_(tabel) maka Ho ditolak. Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri. Hasil uji hipotesis untuk kelas Creative Problem Solving. Dari tabel diatas diperoleh nilai t_(hitung )= 8,683 dan nilai t_(tabel )= 2,0243 sehingga t_(hitung )>t_(tabel ) yang berarti Ho ditolak, Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry dan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa di MTs Madinatussalam Medan Tembung.

Kata kunci: inkuiri, hasil belajar, pemecahan masalah secara kreatif

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v10i2.24329


Keywords


inquiry, Creative Problem Solving, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Anam, Khairul, 2017, Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplika

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ananda, Rusyi dan Amiruddin, 2017, Inovasi Pendidikan, Medan:CV Widya Puspita

Ananda, Rusydi, 2019, Perencanaan Pembelajaran, Medan : LPPPI

Anwar Muhammad, 2018, Menjadi Guru Profesional, Jakarta:Prenamedia Group

Ardat, jaya, Indra 2017, Penerapan Statistik Untuk Pendidikan,

Bandung: Citapustaka Media Perintis

Asrul Dkk, 2015, Evaluasi Pembelajaran, Bandung:ciptapustaka Media

Budiyanto, Moch Agus Krisno, 2016, 45 Model Pembelajaran Dalam Centered Learning, Malang:UMM Press.

Candrawulan, 2013, vol 11 no 2, Pengembangan Model Pembelajaran Creative problem Solving agar dapat melihat peningkatan kreatifitas belajar siswa,

Damsar, 2011, Pengantar Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Kharisma Putra Utama

Farida, Noor Susan, 2016, vol 1 no 1 Hadis-Hadis Tentang PendidikanJurnal Ilmu Hadis

Gultom, Maharani 2019, vol 5 no 2, pengaruh Model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa di Mts negeri 1 rantauprapat,

Huda, Miftahul, 2016, Model-model pengajaran dan pembelajaran,Yogyakarta: pustaka pengajar

Hasan,M Ani, 2017, Strategi Belajar Mengajar Biologi, Gorontalo: Ung press

Hayati,Sri, 2016, Belajar Dan Pembelajaran Kooperatif Learning,Magelang:Graham Cendkia

Karwono, 2017, Belajar Dan Pembelajaran, Depok:Raja Grafindo Persada

Mardianto, 2014, Psikologi Pendidikan, Medan:Perdana Publishing

Mudlofir, Ali, 2016, Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik, Jakarata: PT Raja Grafindo Persada

Murniati dkk, 2018, Pengaruh Penggunaan artikel kimia dari internet pada model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar siswa.

Nasution, Nur Wahyudin, 2018, Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Pembelajaran, ( Medan : Perdana Publishing

Nurdiansyah, 2017, Inovasi Model Pembelajaran,Sidoarjo:Nizamia Learning Centered

Ridwan, 2011, Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta

Sani, Abdullah Ridwan, 2014, Inovasi Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara

Siahaan, Amiruddin, 2014, Manajemen Pengembangan Profesi Guru, Bandung:Ciptapustaka

Siregar, Sofian, 2016, Statistika Deskriptif Untuk Penelitian, Depok:Pt Raja Grafindo

Siyoto, Sandu, 2015, Dasar Metodelogi Penenlitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing,

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Rnd,Bandung:Alfabeta

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatf, Kualitatif, dan Rnd, Bandung:Alfabeta

Sudjino, Anas, 2015, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Depok:Pt Raja Grafindo

Syafaruddin, 2014, Pendidikan Islam, Jakarta : Hijri Pustaka Umum

Syafaruddin, 2019, Guru, Mari Kita Meneluis Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Penerbit Deepublish

Syafaruddin, 2013, Inovasi Pendidikan, Medan : Perdana Publishing

Tanjung, Febriani Indayana, 2018, Strategi pembelajaran Biologi, Medan: CV Widya Pustaka

Yudha, Putra Rahmat, 2018, Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik, ( Pontianak: Yudha English Gallery

Zunidar, 2020, Strategi Pembelajaran, Medan : Perdana Publishing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.