Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa MTS Medan Tembung
Abstract
This study aims to determine the effect of the inquiry learning model and the creative problem-solving learning model on student learning outcomes. This research was conducted at MTs Madinatussalam Tembung for the academic year 2020/2021. The research method is quasi-experimental. The sample used in the study was 60 students, the sampling in this study was simple random sampling. The instrument in the study used a pretest and posttest. Based on the results of the research, the results of hypothesis testing on the results of the Inquiry class hypothesis test. From the table above, the value of t(count )= 8,594 and the value of t_(table )= 2.0243 so that t_(count)>t_(table) which is therefore Ho is rejected. Ha accepted. Based on the results of hypothesis testing, there is an influence of the inquiry learning model. The results of the hypothesis test for the Creative Problem-Solving class. From the table above, the value of t(count )= 8, 683 and the value of t_(table )= 2.0243 so that t_(count )>t_(table ) which means that Ho is rejected, Ha is accepted. Based on the results of hypothesis testing, there is an influence of the Inquiry learning model and Creative Problem-Solving learning model on student learning outcomes at MTs Madinatussalam Medan Tembung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Madinatussalam Tembung tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa, pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, hasil pengujian hipotesis pada hasil uji hipotesis kelas Inkuiri. Dari tabel diatas diperoleh nilai t_(hitung )= 8,594 dan nilai t_(tabel )= 2,0243 sehingga t_(hitung)>t_(tabel) maka Ho ditolak. Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri. Hasil uji hipotesis untuk kelas Creative Problem Solving. Dari tabel diatas diperoleh nilai t_(hitung )= 8,683 dan nilai t_(tabel )= 2,0243 sehingga t_(hitung )>t_(tabel ) yang berarti Ho ditolak, Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry dan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa di MTs Madinatussalam Medan Tembung.
Kata kunci: inkuiri, hasil belajar, pemecahan masalah secara kreatif
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anam, Khairul, 2017, Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplika
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ananda, Rusyi dan Amiruddin, 2017, Inovasi Pendidikan, Medan:CV Widya Puspita
Ananda, Rusydi, 2019, Perencanaan Pembelajaran, Medan : LPPPI
Anwar Muhammad, 2018, Menjadi Guru Profesional, Jakarta:Prenamedia Group
Ardat, jaya, Indra 2017, Penerapan Statistik Untuk Pendidikan,
Bandung: Citapustaka Media Perintis
Asrul Dkk, 2015, Evaluasi Pembelajaran, Bandung:ciptapustaka Media
Budiyanto, Moch Agus Krisno, 2016, 45 Model Pembelajaran Dalam Centered Learning, Malang:UMM Press.
Candrawulan, 2013, vol 11 no 2, Pengembangan Model Pembelajaran Creative problem Solving agar dapat melihat peningkatan kreatifitas belajar siswa,
Damsar, 2011, Pengantar Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Kharisma Putra Utama
Farida, Noor Susan, 2016, vol 1 no 1 Hadis-Hadis Tentang PendidikanJurnal Ilmu Hadis
Gultom, Maharani 2019, vol 5 no 2, pengaruh Model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa di Mts negeri 1 rantauprapat,
Huda, Miftahul, 2016, Model-model pengajaran dan pembelajaran,Yogyakarta: pustaka pengajar
Hasan,M Ani, 2017, Strategi Belajar Mengajar Biologi, Gorontalo: Ung press
Hayati,Sri, 2016, Belajar Dan Pembelajaran Kooperatif Learning,Magelang:Graham Cendkia
Karwono, 2017, Belajar Dan Pembelajaran, Depok:Raja Grafindo Persada
Mardianto, 2014, Psikologi Pendidikan, Medan:Perdana Publishing
Mudlofir, Ali, 2016, Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik, Jakarata: PT Raja Grafindo Persada
Murniati dkk, 2018, Pengaruh Penggunaan artikel kimia dari internet pada model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar siswa.
Nasution, Nur Wahyudin, 2018, Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Pembelajaran, ( Medan : Perdana Publishing
Nurdiansyah, 2017, Inovasi Model Pembelajaran,Sidoarjo:Nizamia Learning Centered
Ridwan, 2011, Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta
Sani, Abdullah Ridwan, 2014, Inovasi Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara
Siahaan, Amiruddin, 2014, Manajemen Pengembangan Profesi Guru, Bandung:Ciptapustaka
Siregar, Sofian, 2016, Statistika Deskriptif Untuk Penelitian, Depok:Pt Raja Grafindo
Siyoto, Sandu, 2015, Dasar Metodelogi Penenlitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing,
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Rnd,Bandung:Alfabeta
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatf, Kualitatif, dan Rnd, Bandung:Alfabeta
Sudjino, Anas, 2015, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Depok:Pt Raja Grafindo
Syafaruddin, 2014, Pendidikan Islam, Jakarta : Hijri Pustaka Umum
Syafaruddin, 2019, Guru, Mari Kita Meneluis Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Penerbit Deepublish
Syafaruddin, 2013, Inovasi Pendidikan, Medan : Perdana Publishing
Tanjung, Febriani Indayana, 2018, Strategi pembelajaran Biologi, Medan: CV Widya Pustaka
Yudha, Putra Rahmat, 2018, Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik, ( Pontianak: Yudha English Gallery
Zunidar, 2020, Strategi Pembelajaran, Medan : Perdana Publishing
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.