PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA

Cinde Futriyah, Arwin Achmad, Rini Rita T Marpaung

Abstract


The purpose of this study was the influence of using teaching aid leaflet to improve activities and material mastery of students. This study design was pretest-postest non equivalent group. Samples were VIIA  and VIIC  that chosen by cluster random sampling. This research data the form of qualitative and quantitative data. Qualitative data obtained  form the observatin sheet of learning activities and questionnaire leaflet teaching aid interesting  were analyzed decriptive. Quantitative data obtained from the average value of test were analyzed using U test. The results showed that learning activities increase was improve with an average of 84.52% which is in high criteria. Material mastery of students is also improve with average score of pretest (63,23); posttest (84,84), and N-gain (59,28). In addition, most students were gave high interested with used of teaching aid leaflet. Thus, it could  be concluded that learning use teaching aid leaflet was influenced significan to improve activities and material mastery of students.

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretes-postes non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIC  yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan lembar kemenarikan bahan ajar leaflet yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis menggunakan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 84,52% dengan kriteria tinggi. Penguasaan materi pada siswa juga meningkat dengan rata-rata nilai pretest (63,23), postest (84,84), dan N-gain (59,28). Sebagian besar siswa memberikan ketertarikan yang tinggi terhadap penggunaan bahan ajar leaflet. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan bahan ajar leaflet berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa.

 

 

Kata kunci: aktivitas belajar, bahan ajar leaflet, ekosistem, penguasaan materi

 


Full Text:

PDF

References


Aini, Q. 2011. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem. Universitas Lampung : Bandar Lampung.

Anonim. 2008. Pengaruh Bahan Ajar terhadap Hasil Belajar Siswa pdf. http://pustaka.ut.ac.id/pulata/online.php?menu=bmpshort_detail2&ID=3. 2008. (2 Mei 2013: 19.30 WIB).

Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara : Jakarta.

Depdiknas. 2003. Pendidikan Menurut Undang-Undang. Jakarta. Dalam http://www.depdiknas.co.id. (26 November 2012: 11.44 WIB).

Djamarah, S.B dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta : Jakarta.

Merta, T. 2012. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Dengan Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan. Universitas Lampung : Bandar Lampung.

Murni. 2010. Bahan Ajar. Dalam http//: www. murni-uni.blogspot.Com. (22 Desember 2012: 11.05 WIB).

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press : Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.