Uji Kelayakan Panduan Praktikum Keragaman Genetik Menggunakan Model Project Based Learning

Maheni Maheni, Jodion Siburian, Evita Anggereini

Abstract


Aims to produce a proper practicum guide based on the aspects of the validity of the material and media. The research data was collected using the ADDIE model. The results of the study focused on the data of the development stage. The data obtained were analyzed qualitatively in the form of suggestions from the validator and quantitative analysis in the form of a Likert scale questionnaire. Research in the development stage uses an instrument, namely a material and media expert validation questionnaire sheet. Based on the results of the study, it was found that the practicum guide product developed was declared feasible in terms of the validity of the material and media, with a percentage score of 94% and 86% in the very good category. The results of the trial showed that in the small group trial 80% (good) and the large group trial 87% (very good).

Bertujuan menghasilkan panduan praktikum yang layak berdasarkan aspek kevalidan materi dan media. Data penelitian dihimpun menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian difokuskan pada data tahap development. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif berupa saran dari validator dan analisis kuantitatif berupa angket skala likert. Penelitian tahap development menggunakan instrumen yaitu lembar angket validasi ahli materi dan media. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa produk panduan praktikum yang dikembangkan dinyatakan layak dalam aspek kevalidan materi dan media, dengan skor persentase yaitu 94% dan 86% kategori sangat baik. Hasil ujicoba didapatkan bahwa pada ujicoba kelompok kecil 80% (baik) dan ujicoba kelompok besar 87% (sangat baik).

Kata kunci: Project Based Learning, Keragaman genetik, Panduan Praktikum

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v9i3.22984


Full Text:

PDF

References


Alexander, A., Rahayu, H. M., & Kurniawan, A. D. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Fotosintesis Berbasis Audio Visual Menggunakan Program Camtacia Studio di SMAN 1 Hulu Gurung. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 06(02), 75–82. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12075

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Branch, R. M., & Gustafson, K. (2009). Design Approaches and Tools in Education and Training (1st ed.). U.S.A: Kluwer Academic Publishers.

Erwinsyah, R., & Nurjhani, M. (2016). Relevansi Praktikum Dan Perkuliahan Teori Pada Mata Kuliah Genetika Relevance Lab Activities And Lecturing Theory In Genetics Course. Proceeding Biology Education Conference, 13 (1), 546–553.

Hastika, W. D., Daningsih, E., & Marlina, R. (2019). Kelayakan Penuntun Praktikum Submateri Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Dengan Tambahan Metode Replika. Jurnal Pendidikam Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–8.

Hidayaturrahman. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar I Berbasis Keterampilan Proses Sains dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada Materi Pengukuran Mata Kuliah Fisika Dasar I. In Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.

Lauren, I., Harahap, F., & Gultom, T. (2016). Uji Kelayakan Penuntun Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains Berdasarkan Ahli Materi dan Ahli Desain. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 206–212. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i1.4322

Linda, C., Widodo, S., Karimah, N., & Ngazizah, N. (2019). Penerapan Project Based Learning Pada Praktikum Mahasiswa PGSD Semester 2 untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pemecahan Masalah. Jurnal Urecol, 1(2), 214–222.

Nursamsu, Mustika, D., R., N., & Manurun N. (2020). Analisis Kelayakan Dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains Untuk Pembelajaran Ipa. Jipi (Jurnal Ipa Dan Pembelajaran Ipa), 4(1), 29–40.

Nursapikka, E. (2017). Kelayakan Penuntun Praktikum pada Sub Materi Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi Kelas X SMA. Artikel Penelitian.

Nurussaniah, & Nurhayati. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar 1 Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. (E-Journal) SNF, 5, 63–68.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatof. Yogyakarta: Diva Pres.

Riduwan, & Akdon. (2020). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rismawati, E., Widodo, M., & Agustina, E. S. (2015). Kelayakan Penyajian Buku Teks Mahir Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3(5), 1–10.

Safitri, D., & Hartati, T. A. W. (2016). Kelayakan Aspek Media, dan Bahasa Dalam Pengembangan Buku Ajar dan Multimedia Interaktif Biologi Sel. Florea, 3(2), 9–14. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00168128

Saputra, O., Nurjannah, & Mansyur, J. (2014). Pengaruh Problem-Based Learning Menggunakan Praktikum Alat Sederhana Pengaruh Problem-Based Learning Menggunakan Praktikum Alat Sederhana Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 7 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 2(2), 36–42. https://doi.org/10.22487/j25805924.2014.v2.i2.2855

Sari, T., Hasnunidah, N., Marpaung, R. R. T., Biologi, P., Lampung, F. U., & Soemantri, J. P. (2018). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Energi dalam Sistem Kehidupan dengan Model Argument Driven Inquiry ( ADI ). (1).

Sriatun, Ellianawati, Hardyanto, W., & Milah, I. L. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Praktikum Asas Black Berbasis. Jurnal Physics Communication, 2(1), 70–75.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susantini, E., Thamrin, M., Isnawati, H., & Lisdiana, L. (2012). Pengembangan petunjuk praktikum genetika untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2126

Suwarno, S., & Hasanudin, S. (2020). Project-based learning Model Assisted by Worksheet: It’s Effect Students Creativity and Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 6(1), 113–122.

Weldan N U. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Pembuatan Cenil Nanas Pada Sub Materi Peran Tumbuhan Di Bidang Ekonomi. In Artikel penelitian. Pontianak: Universitas Tanjung Pura.

Yerimadesi, Bayharti, Jannah, Lufri, Festiyed, & Kiram. (2018). Validity And Practitality Of Acid-Base Module Based On Guided Discovery Learning For Senior High School, Iop Conf. Series: Materials Scince And Engineering, 335:012097. Artikel Penelitian.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.