PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OBSERVASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS OLEH SISWA

Hamimatussa'adah Hamimatussa'adah, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study was aim improve of the science process skill’s student through observation method. This study design was pretest-postest non equivalent group. Samples were VIIA  and VIIB  that chosen by purposive sampling. This research data the form of quantitative and qualitative data. Quantitative data obtained from the average value of test were analyzed by using t-test and U-test. Qualitative data obtained form the observation sheet of learning activities and questionnaire responses of students were analyzed descriptive. The results showed the science process skill’s of students was also improve with average N-gain 0.62. Learning activities student was also improve with average 86.96. Most students responded positively to the application of the observation method. Thus, it could be concluded that application observation method was influenced significan to improve the science process skill’s of student and activities students in the characteristics of  living creatures subject matter.

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode observasi terhadap keterampilan proses sains siswa. Desain penelitian adalah  pretes-postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB  yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 0,62. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 86.96. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan metode observasi. Dengan demikian, penerapan metode observasi berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup.

 

Kata kunci :  aktivitas belajar, keterampilan proses sains (KPS), metode observasi

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.Hadi, S. 2011. Efektivitas Metode Observasi Lingkungan Alam Sekitar Sekolah Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Ekosistem Pada Siswa Kelas VII MTs NU 08 Gemuh Kendal. (Skripsi). IAIN Walisongo: Semarang. http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/103/jtptiain-gdl-saefulhadi-5114-1-saefulh-s.pdf (29 April 2013; 12:45 WIB)

Kurniawan, E. 2011. Perbandingan Keefektifan Metode Observasi Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem. (Skripsi). IKIP PGRI: Semarang. http://andynuriman.files.wordpress.com/2011/10/edi-kurniawan-skripsi.pdf. (10 November 2012; 18:24 WIB).

Pratama, I. 2012. Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan

Pemahaman Siswa Tentang Konsep Energi http://www.ichaltecnik.blogspot.com. (12 Januari 2013; 13:00WIB).

Semiawan C. 1986. Pendekatan Keterampilan Proses. PT.Gramedia: Jakarta. Azmiyah, U. 2011. Perbedaan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode PQ4R Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/.../1/ufi%20azmiyah-fitk.pdf. (14 Juli 2013: 07.00)

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetisi dan Praktiknya. Bumi Aksara. Jakarta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Prenada Media Group: Surabaya.

Yokhebed. 2012. http://www. jurnal.pasca.uns.ac.id. (30 mei 2013; 18.00 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.