Pengembangan Modul Biologi SMA Kelas X Berbasis Etnobotani Masyarakat Kediri dan Sekitarnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Anita Ernawati, Sulifah Aprilya Hariani, Siti Murdiyah

Abstract


The purpose of this study is to produce high school biology modules based on the ethnobotany of the people in Kediri and its surroundings to improve student learning outcomes. The development research used the Borg and Gall model which was tested on students of SMAN 1 Plemahan. Based on the results of the material expert validator's assessment, the percentage is 98.82%; according to development experts by 80%; according to media experts by 88%; and according to user experts the percentage is 95.25%. The results of the four expert validators are each at a very valid level. The results of the practicality test are 97.5% and interpreted in the very practical category. The results of the effectiveness test have an average N-gain of 0.58 with moderate criteria in the category of quite effective for improving student learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul biologi SMA berbasis etnobotani masyarakat Kediri dan sekitarnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan menggunakan model Borg and Gall yang diujicobakan pada siswa SMAN 1 Plemahan. Berdasarkan hasil penilaian validator ahli materi persentasenya sebesar 98,82%; menurut ahli pengembangan sebesar 80%; menurut ahli media sebesar 88%; dan menurut ahli pengguna persentasenya sebesar 95,25%. Hasil dari keempat validator ahli masing-masing berada pada tingkat sangat valid. Hasil dari uji kepraktisan yaitu sebesar 97,5% dan diinterpretasikan dalam kategori sangat praktis. Hasil dari uji keefektifan memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,58 dengan kriteria sedang yang termasuk dalam kategori cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: pengembangan, modul, etnobotani, hasil belajar

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v9i2.22623


Full Text:

PDF

References


Adinugraha, F., Ponto, A. I., & Munthe, T. RM. (2020). Potensi Kebudayaan Betawi Sebagai Pendekatan Kearifan Lokal Dan Budaya Dalam Pembelajaran Biologi. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 56. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1625

Adinugraha, F., & Ratnapuri, A. (2020). Modul Keanekaragaman Hayati dengan Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya di Kabupaten Purworejo. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 28.

https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6534

Alfiriani, A., & Hutabri, E. (2017). Kepraktisan dan Keefektifan Modul Pembelajaran BIilingual Berbasis Komputer. Jurnal Kependidikan, 1(1), 16.

Alimah, S. (2019). Kearifan Lokal Dalam Inovasi Pembelajaran Biologi: Strategi Membangun Anak Indonesia Yang Literate dan Berkarakter Untuk Konservasi Alam. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(1), 2–3.

https://doi.org/10.33654/jph.v5i1.574

Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020). Media Pembelajaran Monopoli: Media Edukasi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 6(1), 86.

Anggreni, N. L. P., Subagia, I. W., & Rapi, N. K. (2020). Pengembangan Validitas, Efektifitas Dan Kepraktisan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Terapan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 332. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/26109

Hafida, S. H. N., Ariandi, A. P., Ismiyatin, L., Wulandari, D. A., Reygina, N., Setyaningsih, T., Setyawati, L., Sochiba, S. L., & Amin, M. A. K. (2020). Pengenalan Etnobotani melalui Pembuatan Herbarium Kering di Lingkungan Sekolah MI Muhammadiyah Plumbon, Wonogiri. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 79.

https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10776

Humairoh, Z., Nurchasanah & Mudiono, A. (2016). Keterbacaan Buku Teks Kelas Iv Dan V Sd Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 167.

https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.6118

Jaya, I. M. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V SD. Jurnal_ep, 10(2), 96.

https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4298

Jonan, Y. R. (2020). Pengembangan Rubrik Penskoran pada Asesmen Otentik untuk Materi Volume dan Luas Balok. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 279.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 2. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4

Purwanti, W., Mayasari, D., & Munfarikhatin, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 77.

https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.70-79

Soleh, Sumardi, & Arsana, I. M. (2020). Pengembangan modul pembelajaran injector cleaner untuk menunjang praktikum perkuliahan mahasiswa jurusan teknik mesin. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, 02(01), 2.

Solikha, N., Suchainah & Rasyida, I. (2020). Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X Ips Man Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 38.

https://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/221

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 93.

https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Yermon & Eliza, F. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Untuk Kelas X TITL SMK Negeri 1 Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(2), 228.

https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109033


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.