Mengukur Keterampilan Diskusi Tertulis di Media Sosial (Whatsapp) Menggunakan Rubrik Penilaian Diskusi

Pramudiyanti - Pramudiyanti

Abstract


The research objective was to explain the use of a written discussion skills assessment rubric on Whatsapp social media. This research is a qualitative descriptive study using literature review and survey methods. Respondents consisted of teaching staff in the Biology Education Study program. Data obtained using a questionnaire and google search application. The results obtained are 18 literatures regarding discussion as a learning method and as a skill, there are 4 articles that suggest face-to-face discussion assessment rubrics. The use of written discussion rubrics, namely 1) makes it easy for teachers to assess student learning activities; 2) provide directions for teachers to practice written discussion skills for students; and 3) provide an overview of the students' discussion skills.

Tujuan penelitian adalah menjelaskan penggunaan rubrik penilaian keterampilan diskusi tertulis pada media sosial Whatsapp. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode kajian pustaka dan survei. Responden terdiri dari staf pengajar program Studi Pendidikan Biologi. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan aplikasi google search. Hasil yang diperoleh yakni terdapat 18 literatur mengenai diskusi sebagai metode pembelajaran dan sebagai keterampilan, terdapat 4 artikel yang mengemukakan mengenai rubrik penilaian diskusi tatap muka. Penggunaan rubrik diskusi tertulis yakni 1) memberikan kemudahan kepada pengajar memberikan penilaian aktivitas belajar mahasiswa; 2) memberikan arah bagi pengajar untuk melatih keterampilan diskusi tertulis bagi mahasiswa; dan 3) memberikan gambaran keterampilan diskusi yang dimiliki oleh mahasiswa.

Kata kunci: keterampilan diskusi tertulis, written discussion, whatsapp, rubrik penilaian diskusi tertulis

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v9i1.22032


Full Text:

PDF

References


Cintiasih, T. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 719. 2020. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.

Kienhuis, M. and Chester, A. 2014. Interteaching: A Model to Enhance Student Engagement. Halaman 135-154. Curriculum Models for the 21st Century: Using Learning Technologies in Higher Education.Editor, Maree Gosper, Dirk Ifenthaler. New York: Springer Science+Business Media.

King, L.B. 2016. Seni Berbicara: kepada siapa saja, kapan saja, di mana saja. Diterjemahkan oleh Marcus Prihminto Widodo. Edisi Revisi Bahasa Indonesia Cetakan ke 19. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Lailiyah, N. dan Wulansari, W. 2016. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Volume 1 No. 2 Tahun 2016. ISSN: 2527-6891

Mulawati, T.R. 2011. Peningkatan Keterampilan Diskusi Siswa Kelas X SMAN Pleret, Bantul Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Universitas Negeri Yogyakarta.

Pramudiyanti, dkk. 2019. Learning writing discussion skills via Whatsapp using Structured and Unstructured Discussion Techniques. Proceeding of International Conference on Islamic Education: Challenges in Technology and Literacy. Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. November 6-7, 2019. P-ISSN: 2477-3638, E-ISSN: 2613-9804. Volume: 4.

Putranto, A. Perancangan Forum Diskusi Mobile On Line Learning. Comtech. Vol.3 No.2 Desember 2012: 860-871.

Safitri, M. Gunatama, G. Darmayanti, I.A.M. 2014. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 (1) 2014.

Triana, R.W. 2014. Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah Kedawung dalam Pembelajaran Sejarah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah. Universitas Pendidikan Indonesia.

Waruwu, M. 2020. Studi Evaluatif Implementasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 27 issue 2. Oktober. Hal 288-295. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v27i2. ISSN: p.1412-8152e.2580-1007.

Wulan. A.R. 2018. Menggunakan Asesmen Kinerja untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian. Bandung: UPI Press.

Yuberti. 2015. Online Group Discussion Pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Al-Biruni”. Vol. 04(02) halaman 145-153.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.