PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN
Abstract
The purpose of this research was knowing the influence of the application of video media towards learning activity and mastery of lesson by using design pretest posttest not equivalent group. The sample of this research were the student of XI1 and XI2 class which was selected from the population by random sampling. A qualitative data was learning activity and it got by observation. A quantitative data was the mastery of lesson which obtained from the average score of pretest, posttest, and N-gain. The research result of students learning activity from the whole three aspect on the average of high criterion. The mastery of lesson also increased, with the average score of N-gain 0,71. Thus, it could be concluded that using video media in the teaching and learning process influenced towards learning activity and significant influenced towards the mastery of respiration system lesson by students.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan media video terhadap aktivitas dan penguasaan materi dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah kelas XI1 dan XI2 yang dipilih secara random sampling. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data kuantitatif berupa penguasaan materi yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain. Hasil penelitian menyatakan bahwa ketiga aspek tinjauan berkriteria tinggi. Penguasaan materi juga mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 0,71. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media video berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap penguasaan materi sistem pernapasan oleh siswa.
Kata kunci: aktivitas belajar, media video, penguasaan materi, dan sistem pernapasan
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2006. Media Pengajaran. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta
Donny, M. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N 3 Medan. (http://digilib.sma.ac.id/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-menggunakan-media-video-pembelajaran-terhadap-hasil-belajar.html). Diakses pada hari kamis 7 Februari 2013 pukul 13.00.
Hanafiah, N dan C. Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama. Bandung.
Handayani, F. 2010. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis KPS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. (Skripsi). UNILA. Bandar Lampung.Mudyahardjo. 2001. Pengantar Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Gaung Persada Press. Jakarta
Riyanto, Y. 2001. Metodologi penelitian prndidikan. Penerbit SIC. Surabaya.
Sari, A.Y. 2007. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. (Skripsi). UNILA. Bandar Lampung
Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning ( Theory, Research and Practice) Second Edition. Allyn and Bacon. Boston. Amerika.
Suyatna, A. 2008. Model Pembelajaran PAIKEM. Unila: Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.