PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Eko Oganda Putra, Arwin Achmad, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The purpose of the research was determine the influence of TGT learning model application towards students’ achievement. The quantitative data is taken from the mean of pretest and posttest it was analyzed using T-test at 95% confidance level. The Qualitative data was students’ learning activity taken by observation sheet during learning process. This research shown that it was increasing the score of pre-test and post-test student achievment by the cooperatif learning TGT 37.54  to 88.26 with N-gain of 82.37.  The students’ learning activity the mean score of learning activity increases 78.40%. The highest aspect was asking question, it was 81.30%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh dari  rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif  yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan rata-rata pretes yaitu 37,54 meningkat menjadi rata-rata postes yaitu 88,26 dengan N-gain sebesar 82,37.  Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata aktivitas belajar sebesar 78,40 %. Aspek aktivitas yang mengalami peningkatan tertinggi adalah aspek mengajukan pertanyaan yaitu sebesar 81,30 %.

Kata kunci :  aktivitas siswa, hasil belajar, model pembelajaran tipe TGT, sistem pencernaan

 


Full Text:

PDF

References


Dzamarah, S.B, dan Z. Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta : Jakarta

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara : Jakarta

Medianto, M. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran TGT dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman kognitif siswa pada materi ekosistem. Skripsi. Universitas Lampung : Bandar Lampung

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung

Purnamasari, Y. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok dunia Kelas X Sma Arjuna Bandar Lampung. Universitas Lampung : Bandar Lampung

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group : Jakarta

Sardiman, A. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press. Yogjakarta.

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik (Alih Bahasa Nurulita Yusron). Penerbit Nusa Media : Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.