PENGARUH PENERAPAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Istigfar Romadon, Darlen Sikumbang, Pramudiyanti Pramudiyanti

Abstract


The purpose of this study was know the influence of application practical method to  activities and critical thinking skill of students. This study design was pretest-postest equivalent group. Samples were VII2  and VII3  that chosen by purposive sampling. This research data were of qualitative and quantitative. Qualitative data were descriptions of learning activities and students questionnaire responses. Quantitative data was the average value of test were analyzed using Mann Whitney U test. The results showed that the practical method not improved to critical thinking skill, however improved to student activities.The student activities were observe,  discussion, and giving opinion have average with high criteria(78,38%). The critical thinking skill of students was not improved with N-gain average was 14. Thus, it could be concluded that learning use practical method  was not influenced to critical thinking skill of students but it would be influence for study activities of students.

  

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode praktikum terhadap aktivitas dan keterampilan berpikir kritis(KBK) siswa. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII2 dan VII3 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa. Data kuantitatif adalah rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode praktikum tidak berpengaruh  terhadap KBK, namun berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar yang diamati seperti mengamati, berdiskusi, mengungkapkan ide dengan rata-rata berkriteria tinggi (78,38%). KBK siswa tidak mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 14. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode praktikum tidak berpengaruh terhadap KBK namun berpengaruh terhadap aktivitas siswa.

 

Kata kunci: aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis, metode praktikum.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Atmadi, A. dan Y, Setyaningsih. 2000. Transformasi Pendidikan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Depdiknas. Jakarta

Costa, A. L. (1985). Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Association for Supervision and Curriculum Development.Virginia.

Duda, H.J. 2010. Pembelajaran Berbasis Praktikum dan Asesmannya pada Konsep Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pontianak.

Eggen, P dan D. Kauchak. 2012. Stategi dan Model Pembelajaran. PT. Indeks. Jakarta.

Galih, R. dkk. 2012. Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Praktikum Real dan Praktikum Virtual Pokok Bahasan Impuls Momentum (Jurnal). UNY. Yogyakarta.

Glaser, E. 1941. Apa Itu Berpikir Kritis. http:www. blogdiar. net. Diunduh di Bandar Lampung pada tanggal 4 Oktober 2012.

Hamalik, O. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Tarsito. Bandung.

Sardiman, A. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.