Penyajian Poster 3D pada Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Gadingrejo pada Materi Sistem Pernapasan
Abstract
This study aims to determine the application of TSTS learning by presenting 3D posters to increase students' creativity and critical thinking. The design of this study was a pretest-posttest control group design. Based on the data obtained, the ability of creativity before learning is still at a quite creative level, while after learning it increases to be very creative. Critical thinking skills in the experimental class have the highest N-gain score on strategy and tactics indicators, while the control class is on indicators of building basic skills. Critical thinking skills are carried out by statistical tests using theIndependent Sample T-test, thevalue is obtained sig. (2-tailed) 0.00 <0.05. The results showed that the application oflearning Two Stay Two Stray (TSTS)with the presentation of 3D posters could improve creativity and critical thinking skills of class VIII students of SMP Negeri 2 Gadingrejo in the Respiratory System material.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran TSTS dengan penyajian poster 3D terhadap peningkatan kreativitas dan berpikir kritis peserta didik. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan data yang didapatkan, kemampuan kreativitas sebelum pembelajaran masih pada tingkat cukup kreatif, sedangkan sesudah pembelajaran meningkat menjadi sangat kreatif. Keterampilan berpikir kritis pada kelas ekpserimen memiliki skor N-gain tertinggi pada indikator strategi dan taktik, sedangkan kelas kontrol terdapat pada indikator membangun keterampilan dasar. Keterampilan berpikir kritis dilakukan uji statistik menggunakan uji-Independent Sample T-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan penyajian poster 3D dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Gadingrejo pada materi Sistem Pernapasan.
Kata kunci: berpikir kritis, kreativitas, Two Stay Two Stray (TSTS), poster 3D
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Afifah, Ulfa Nur. 2018. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis
Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Two Stay Two
Stray. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2. 161. Aris, Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam
Berkurikulum 2013. AR-RUZZ Media. Yogyakarta.
Barmoyo, N. Q. dan Wasis. 2014. Analisis soal-soal dalam BSE,
UN, TIMSS Ditinjau dari Domain Kognitif dan Indikator
Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal. Online.
(http://ejournal.unesa.ac.id/article/9750/32/article.pdf,
diakses pada 20 oktober 2019; 20.06 WIB).
BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus.
Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Depdiknas. 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata pelajaran
Ilmu IPA. Depdikbud. Jakarta.
Hake. 2005. Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American
Education Research Association’s Devision.D, Measurement
and Reasearch Methodology.
Martin Prosperity Institute. 2011. Creativity and Prosperity: The
Global Creativity Index. University of Toronto. Toronto.
Makmur, Agus. 2016. Upaya Meningkatkan Kreativitas dan
Hasil Belajar Matematika dengan Two Stay Two Stray pada
Siswa SMP Negeri 10 Padang Simpuan. Jurnal Edutech Vol. 2
No. 2. Padangsimpuan.
Paidi, Karsini. 2014. Pengaruh Model TSTS terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis. UNILA. Lampung
Suherman, Erman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika
Kontemporer. JICA-UPI. Bandung.
Sukiman. 2012. Pengenmbangan Media Pembelajaran. PT.
Pustaka Insan Madani Anggara. Yogyakarta.
Sutrisno, Edy. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana
Prenada Media Group. Jakarta.
Trianto, I. B. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-
Progresif. Prenada Media. Jakarta.
Yunita. 2009. Penggunaan Permainan Edukatif untuk
Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini dalam Keluarga di
Desa Grabag. UNNES. Semarang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.