MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI PROSES PEROLEHAN NUTRISI DAN TRANSFORMASI ENERGI TUMBUHAN HIJAU

Marina Asnusa, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This research was aimed to describe  the misconceptions and factors that can affected students. The samples were  8th grade students of SMPN 9 Bandar Lampung that was selected by random sampling. The design of this research was descriptive. Data was collected by written test and analyzed with Certainty of Response Index, and student’s questionnaire were analyzed by Pearson Product Moment Correlation test. Study result showed that percentage of students on all concept was 61,10%. Percentages of misconceptions students on photosynthesis, respiration and photosynthesis and respiration were 57,55%, 64,96%, and  62,39%. Misconception was influenced by student interest in learning factor. This misconception on 8th grade students of SMPN 9 Bandar Lampung  was high category in photosynthesis and respiration and influenced by student low interest in learning.

 

Penelitian bertujuan mendeskripsikan miskonsepsi siswa dan faktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 9 Bandar Lampung dipilih secara random sampling. Desain penelitian menggunakan deskriptif sederhana. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan dianalisis menggunakan Certainty of Response Index (CRI), kemudian angket siswa dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan siswa miskonsepsi pada keseluruhan materi sebesar 61,10%. Siswa yang miskonsepsi pada konsep Fotosintesis, Respirasi, serta Fotosintesis dan Respirasi sebesar 57,55%, 64,96%, dan 62,39%. Miskonsepsi dipengaruhi faktor minat belajar siswa. Dengan demikian, bahwa siswa kelas VIII SMPN 9 Bandar Lampung yang mengalami miskonsepsi yang termasuk dalam kategori “tinggi” pada konsep Fotosintesis dan Respirasi, dan dipengaruhi oleh minat belajar siswa yang rendah.

 

Kata kunci: Certainty Of Respons Index, fotosintesis, miskonsepsi, respirasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto S, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Campbell, N.A, Reece, J.B. dan Mitchel. L. 2002. Biologi Edisi Kelima Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Campbell, N.A, Et. Al. 2010. Biologi Edisi Kedelapan Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Carey, S. 1986. Cognitive Science and Science Education. American Psychologist, 4 (10): 1123-1130. (Online), (http://edci670.pbworks.com/, diakses 15 November 2015; 13.00 WIB).

Cokadar, H. 2012. Photosynthesis

and Respiration Processes: Prospective Teachers’ Con-ception Level. Education And Science Journal. 37 (164): 82-94. (Online), (http://egitim-vebilim.ted.org.tr/,diakses 15 November 2016; 19.05 WIB).

Dahar, R.W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Gardner, A.L., et al. 2009. The Biology Teacher’s Handbook. USA: NSTA Press. (Online), (http://www.nsta.org/, diakses 20 November 2016; 21.10 WIB).

Gie, T. L. 1995. Cara Belajar Efisien II. Yogyakarta: PUBIB.

Hakim, T. 2000. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hakim, A., Liliasari, dan Kadaroh-man, A. 2012. Student Concept Understanding Of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences. 4 (3): 544-553. (Online), (http:// library.macewan.ca, diakses 12 Januari 2016; 22.16 WIB).

Hart, K. E., & Kritsonis, W. A. 2006. Critical Analysis Of An Ori-ginal Writing On Social Learning Theory: Imitation Of Film-Mediated Aggressive Models. 19 (3). (Online), (http://www.nationalforum.com/, diakses 15 Januari 2016; 21.15 WIB).

Juhri, A.W. dan Kusmiyati. 2015. Analisis Penguasaan Konsep dan Miskonsepsi Biologi dengan Teknik Modifikasi Certainty Of Response Index (CRI) pada Siswa SMP Se-Kota Sumbawa Besar. 10 (1): 1-6. (Online), (http:// scholar. google.co.id/, diakses 20 November 2016; 20.22 WIB).

Jumhana, N. 2011. Berbagai Fungsi Pada Tumbuhan. Bandung: UPI.

Liliawati, W dan Taufik R. R. 2009. Identifikasi Miskonsepsi Materi IPBA Di SMA Dengan Menggunakan Certainly Of Respons Index (CRI) Dalam Upaya Perbaikan Urutan Pemberian Materi IPBA Pada KTSP. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pen-didikan, dan Penerapan MIPA.Yogyakarta. 12 (2): 159-168. (Online), (http:// eprints.uny.ac.id/12401, diakses 20 November 2016; 20.00 WIB).

Kardi, S. 1997. Miskonsepsi Terhadap Konsep-Konsep Bio- logi, Kemungkinan Penyebab dan Cara Penanggulangannya. Jurusan Biologi FMIPA IKIP Surabaya. (Online), (http:// digilib.unipasby.ac.id/, diakses 20 November 2016; 21.23 WIB).

Köse. 2008. Diagnosing Student Misconceptions:Using Draw-ings As Aesearch Method. World Applied Science Journal Pamukkale University. 3 (2): 283-293. (Online), (http://akbis .pau.edu.tr, diakses 20 November 2016; 21.13 WIB).

Mulyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling Universitas Negeri Padang. 2 (1): 27-31. (Online), (http://ejournal.unp.ac.id, di-akses 23 November 2016; 21.34 WIB).

Murni, D. 2013 Pada Konsep Substansi Genetika Meng-gunakan Certainty Of Response Index (CRI). Jurnal pendidikan biologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 5 (1) : 205-211. (Online), (http:// ebookinga.com/pdf/, diakses 19 Oktober 2016; 21.28 WIB).

Mustaqim, T. A. 2014. Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certain-ty of Response Index (CRI) pada Konsep Foto-sintesis dan Respirasi Tumbuhan. Skripsi. (Online), (http://uinjkt.ac.id, diakses 04 Januari 2016; 21.28 WIB).

Nurjanah, S.I., Suwarto W.A., dan Idam Ragil W.A. 2012. Model Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Koperasi Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal FKIP PGSD. 10 (1): 1-7. (Online), (http://eprints.uns.ac.id, diakses 20 November 2016; 21.55 WIB).

Sudijono, A. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Suparno, P. 2005. Filsafat Kons-truktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Shen, M. 2013. Miskonsepsi Pembelajaran di Sekolah. LPMP NTB. (Online), (http:// lpmpntb.org, diakses 20 Desember 2016; 19.50 WIB).

Prayitno. 1997. AUM PTDSL. Padang: FIP Universitas Negeri Padang. (Online), (http://fip. unp.ac.id, diakses 20 Maret

; 22.00 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.