PROFIL KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA SMP KELAS IX SE-KECAMATAN KOTABUMI

Lia Septya, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This study aimed to know the profile science literacy competence of students IX grade from Kotabumi North Lampung Academic Year 2015/2016. Design of this study was simple descriptive used purposive sampling with 329 samples. Qualitative data that were external and internal factors that affecting science literacy competence which analyzed from questionnaires percentage of students and teachers, while quantitative data were the science literacy competence of students which analyzed from the scores of PISA test questions. The results showed students' science literacy competencies were in the category "very low" (18.47 ± 0.69). Female students have science literacy competence superior from male students both in general and in every aspect of competence. science literacy competence was not influenced by internal factors but influenced by several indicators of external factors, wich were learning methods, the intensity of practical implementation, and the intensity of granting Homework.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui profil kompetensi literasi sains siswa SMP kelas IX se-Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara pada Tahun Ajaran 2015/2016. Desain penelitian ini ialah deskriptif sederhana menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 329 siswa. Data kualitatif berupa faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi kompetensi literasi sains yang dianalisis dari persentase kuisioner siswa dan guru , sedangkan data kuantitatif ialah kompetensi literasi sains siswa yang dianalisis dari skor uji soal PISA. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi literasi sains siswa berada dalam kategori “sangat rendah” (18,47 ± 0,69). Siswa perempuan memiliki kompetensi literasi sains lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki baik secara umum maupun pada tiap aspek kompetensi.Kompetensi literasi sains tidak dipengaruhi oleh faktor internal namun dipengaruhi oleh beberapa indikator faktor eksternal, yakni metode pembelajaran, intensitas pelaksanaan praktikum, dan intensitas pemberian Pekerjaan Rumah.

 

Kata kunci: gender, literasi sains, pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Alokan, F. B., Eunice O. O., Emanuel O. O. 2013. The influence of Parents Educatio-nal Background and Study Facilities on Academic Performance Among Second-ary School Students. Nigeria: Ekiti State University. (Online), (http://ozelacademy-.com/ojss.v6.i2-1.pdf), diakses 2 Mei 2016. 6.

Al – Samarrai, S. 2013. Di Indonesia, Mengatasi Ketidak-setaraan Pendidikan Melalui Tata Kelola yang Lebih Baik. (Online), (http://blogs.world-bank. org/eastasiapacific/id/di-indonesia-mengatasi-ketidak-setaraan-pendidikan-melalui-tata-kelola-yang-lebih-baik), diakses 3 November 2015. 1.

Arikunto, S. 1991. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ekohariadi. 2010. Perkembangan Kemampuan Sains Siswa Indonesia Usia 15 Tahun Berda-sarkan Data Studi PISA. Jakarta: Puspendik. (Online), (http://litbang.kemdikbud.go.id/data/puspendik/HASIL%20RISET/PISA/LAPORAN%20PISA%20%20Tren%20Konten%20Perkembangan%20Kemampuan%20Sains%20Siswa_PISA%20tahun%202000,%202003,%202006.pdf), diakses 3 Mei 2016.

Lavy, V. 2010. Do Differences In Schools Instruction Time Explain International Achie-vment Gaps ? Evidence From Developed and Developing Countries. Cambridge : National Bureau of Economic Research. (Online), (http://-www.nber.org/papers/w16227.pdf), diakses 3 November 2015.

Odja, A. H., dan Citron S. P. 2014. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Pada Konsep IPA. Prosiding Seminar Nasional Kimia Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo,

OECD. 1999. Measuring Student Knowledge and Skills . Paris: OECD. (Online), (http://www.-oecd.org/edu/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/33693997.pdf), diakses 26 Maret 2012.

Patrikakou, Evanthia N. 2008. The Power of Parent Involvement: Evidence, Ideas, and Tools for Student Succes. Depaul University. USA. (Online), (http://education.praguesummerschools.org/images/education/readings/2014/Patrikakou_Power_of_parent_involvement.pdf), diakses 2 Mei 2016.

Perkins, D. N. dan Gavriel S. 2011.Transfer of Learning. Pergamon Press. Oxford. (Online), (http://jaymctighe.-com/wordpress/wpcontent/uploads/2011/04/Transfer-of-Learning-Perkins-and-Salomon.pdf), diakses 26 Maret 2016.

Priyatno, D. 2010. Paham Analisis Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.

Rondi, Ahmad. 2015. Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN Tempel Sleman. Yogyakarta: UNY. (Online), (http://eprints.uny .ac.id/14873-/1/SKRIPSI%20AHMAD%20RONDI.pdf), diakses 2 Mei 2016.

Rustaman, N. Y. 2004. Literasi Sains Anak Indonesia 2000 & 2003. Makalah Litsains 2003. (Online), (http://file.upi.edu-/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/195012311979032NURYANI_RUSTAMAN/MAKALAH_LITSAINS_2003_sep,06.pdf), diakses 13 November 2015.

Shadrina, D. N., Nuraini A., Bambang B. U.2015. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomu Kelas X di SMA/MA/ Negeri Pontianak. UNTAN. Pontianak. (Online), (http://-download.portalgaruda.org/article.php?article=320435&val=2338&title=PENGARUH%20KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20%20MATA%20PELAJARAN%20EKONOMI%20KELAS%20X%20%20DI%20SMA/MA%20NEGERI%20PONTIANAK), diakses 2 Mei 2016.

Suhendra, Yusuf. 2006. Perbandingan Gender Dalam Prestasi Literasi Siswa Indonesia Bandung: Uninus.. (Online), (http://www.uninus-.ac.id/data/data_ilmiah/Suhendra%20Yusuf%20%20Makalah%20untuk%20Jurnal%20Uninus.pdf), diakses 2 Mei 2016.

Saad, R. dan Saouma B. 2012.The Relationship Between Teachers’ Knowledge and Beliefs About Science and Inquiry and Their Classroom Practices. Beirut: Universitas Amerika. (Online), (http://-www.ejmste.com/v8n2/eurasia_v8n2_saad.pdf), diakses 26 Maret 2016.

Sheskin, D. J. 2003. Parametric and Nonparametric Statistical Process. New York: A CRC Press Company.

Subiantoro, A. W. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (http://staff.uny .ac.id/sites/de-fault/files/tmp/PPM_PENTINGNYA%20PRAKTIKUM.pdf), diakses 26 Maret 2016.

Sukardi.2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

.

TPPI. 2013. OECD : Siswa Indonesia Merupakan Siswa Yang Paling Bahagia Di Dunia, . (Online), (http://the-president postindonesia.com/-2013/12/08/oecd-siswa-indonesia-merupakan-siswa-yang-paling-bahagia-di-dunia/), diakses 1 November 2015.

Tuhusetya, S. 2013. Menyoal Mutu Soal UN dan Rendahnya Peringkat PISA. (Online), (http://sawali.info/2013/12/25/menyoal-mutu-soal-un-dan-rendahnya-peringkat-pisa/), diakses 1 November 2015.

UNESCO. 2005. Education For All Literacy For Life. Graphoprint. Paris. (Online). (http://www.-uis.unesco.org/Library/Documents/gmr06-en.pdf), diakses 26 Maret 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.