Pengaruh Model Kooperatif Jigsaw Berbantu Media Permainan Kartu Berpasangan Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar

Desty Melivicasari, Darlen Sikumbang, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aims to determine the effect of jigsaw cooperative model assisted by media paired card game on the activities and learning outcomes of students. The research method used is quasi-experimental with pretest-posttest non equivalen control group design. The research sample was students of class VIII in SMP Alfalakhussa'adah with a total sampling of 61 people, were determined through a purposive sampling technique. Learning activities data of students are analyzed descriptively in the form of a percentage. Students' learning outcomes data were analyzed with the N-gain test and the Hypothesis test use  Independent Sample T-test. The results showed an average percentage of overall activity of 81% included in the criteria of very active, N-gain learning outcomes of 0.64 including moderate criteria, and Independent Sample T-test obtained a sig value of 0.01<0,05which means  that the application of the jigsaw cooperative model assisted by media paired card game has an effecct on increasing the activity and learning outcomes of students.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif jigsaw berbantu media permainan kartu berpasangan terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan eksperimental semu dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP Alfalakhussa’adah berjumlah 61 orang, ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data Aktivitas belajar peserta didik dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Data hasil belajar peserta didik dianalisis dengan uji N-gain dan uji hipotesis Independent Sample T-tes. Hasil penelitian menunjukan persentase rata-rata aktivitas secara keseluruhan sebesar 81% termasuk dalam kriteria sangat aktif, N-gain hasil belajar sebesar 0,64 termasuk kriteria sedang, dan Independent Sample T-tes memperoleh nilai sig 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa penerapan model kooperatif jigsaw berbantu media permainan kartu berpasangan berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, jigsaw, media permainan kartu berpasangan


Full Text:

PDF

References


Aprilia, L. A. 2018. Meningkatkan hasil belajar ipa dengan penerapan model pembelajaran jigsaw berbasis kurikulum 2013. Wacana Akademika. 2 (1): 61-72.

Astuti, S. M. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Berbantu Media Kartu Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 12 (1): 95-104.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Harto, K. 2012. Desain Pembelajaran Agama Islam untuk Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hastuti, W. D. 2017. Pengembangan Media Kartu Berasangan Pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati (Klasifikasi Organisme) Sebagai Media Pembelajaran Biologi Umum. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.

Herawati, L. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jisgsaw Terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. Prosding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI Tahun 2019: ISBN : 978-602-99975-3-8.

Hidayat, R. 2018. Penelitian Pendahuluan tentang Dampak Penerapan Model Pembelajaran Couple Card Teams Tournament (CCTT) terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Merlung Tnjung Jabung Barat Jambi. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi 11 (2): 111-116.

Isjoni. 2016. Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Cet.8, Bandung: Alfabeta.

Khairiah, A. 2011. Efektivitas Penggunaan Media Permainan Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Pada Materi Ekonomi. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Miarso. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Roslina. 2018. Penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Wahana Pendidikan. 5 (2): 1-7. ISSN 2355-242.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, E. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jilid 2. Edisi Kesembilan. Terjemahan oleh Marianto Samosir. Jakarta: PT. Indeks.

Sudjana, N. 2005. Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Jakarta: Kencana Presada media Group.

Yassir, M. 2015. Model Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Biotik, 3 (2): 138-144. ISSN: 2337-9812.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.