Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict Observe Explain) Terintegrasi Nilai Keislaman Materi Jaringan Tumbuhan
Abstract
One of teaching materials that can be used to help learners in learning activities is a module. Islamic values can be taught to learners in learning activities, including biology learning. The purpose of this development is to produce POE-based module (Predict Observe Explain) that integrate on Islamic values on the plant tissue material at XI grade of Senior High School (SMA). Data analysis of validation result of module design evaluation got 82,4% percentage so it can be classified as "very strong" criteria, and material assessment in module got 85.4% percentage that can be classified as "very strong" criteria and on Islamic value of module got a 93.4% percentage that can be classified as "very strong" criteria. Based on the results of the validation data analysis can be concluded that the module that has been developed can be said that it was appropriate to use in the learning process.
Bahan ajar yang dapat digunakan untuk membantu peserta didik dalam kegiatan pembelajaran salah satunya adalah modul. Nilai keislaman dapat diajarkan kepada peserta didik di kegiatan pembelajaran, termasuk pembelajaran biologi. Tujuan pengembangan ini yaitu menghasilkan modul berbasis POE (Predict Observe Explain) terintegrasi nilai keislaman pada materi jaringan tumbuhan kelas XI SMA. Analisis data hasil validasi penilaian desain modul yang dikembangkan mendapatkan persentase 82,4% sehingga dapat digolongkan dalam kriteria “sangat kuat”, dan penilaian materi dalam modul mendapatkan persentase 85,4% yang dapat digolongkan dalam kriteria “sangat kuat” dan terhadap nilai keislaman modul mendapatkan persentase 93,4% yang dapat digolongkan dalam kriteria “sangat kuat”. Berdasarkan hasil analisis data validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa modul yang telah dikembangkan dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: modul, POE (Predict Observe Explain), terintegrasi nilai keislaman
Full Text:
PDFReferences
Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Firdos, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain dengan Bantuan Media Foto Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Journal of Biology Education. 2 (2).
Juhri. 2013. Landasan dan Wawasan Pendidikan Suatu Pendekatan Kompetensi Guru. Metro: Lembaga Penelitian UM Metro Press.
Nurbaiti, Achyani, Lepiyanto A. 2017. Pengembangan Modul Pada Materi Protista Melalui Pengintegrasian Nilai Spiritual Ke-Isaman Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Metro.
Puriyandari, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Prediction, Observation and Explaination (POE) Dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali kelarutan Siswa Kelas XI IPA 1 semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 3 (1).
Restami, M. P., dkk. 2013. Pengaruh Pembelajaran POE (Predick-Observe-Explain) Terhadap Pemaham Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 3 (3).
Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: ALFABETA.
Ridwan, A. 2006. Peta Konsep Biologi. Jakarta: Pusbuk, Depdiknas.
Sakni, A. 2013. Model Pendekatan Tafsir Dalam Kajian Islam. (Online), (JIA/Desember 2013/ Th.XIV/Nomor 2/61-75).
Sani, R. 2014. Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Suswina, M. 2011. Hasil Validitas Pengembangan Bahan Ajar Bergambar Disertai Peta Konsep Untuk Pembelajaran Biologi SMA Semester 1 Kelas XI. Ta’dib. 14 (1).
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Departemen Agama. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Agama.
Wahyuni, dkk. 2015. Efektivitas Implementasi Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Diintegrasikan Dengan Predict –Observe –Explain (POE) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kemampuan Inferensi Siswa. Jurnal Inkuiri. 4 (1).
Yuliawati, F., dkk. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Integrasi Islam-Sains Untuk Peserta Didik Difabel Netra MI/SD Kelas 5 Semester 2 Materi Pokok Bumi dan Alam Semesta. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2 (2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.