Pengaruh Vertical Garden Terhadap Suhu Ruangan Sebagai Lembar Kerja Materi Pemanasan Global
Abstract
This study aims to find out significant effect of vertical garden on air temperature in one of the classrooms and the characteristics of Student Worksheet (LKPD) in class VII of the application of the use of vertical garden in the material of global warming. The mining model used is Borg and Gall. The study was conducted at Bandar Lampung Middle School 8 in August-September 2018. The type of data used is quantitative data that were air temperature measurement data in the vertical garden and non-vertical garden spaces. The results showed the value of t way -2,226, because | z | ≥ t0.05 then H0 is rejected. This means that there way a significant effect of vertical garden on the temperature of the classroom, while for the average score characteristics (LKPD) by the lecturer and teacher validator based on the overall aspects of 85,45% and 77% with the category "Very Good and Good" .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan penggunaan vertical garden terhadap suhu udara pada salah satu ruang kelas dan karakteristik Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) SMP kelas VII aplikasi penggunaan vertical garden pada materi pemanasan global.Model pengambangan yang digunakan yaitu Borg and Gall. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 8 Bandar Lampung pada bulan Agustus- September 2018.Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data pengukuran suhu udara pada ruang verticalgarden dan non vertical garden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai t= -2,226, karena ≥ t0,05 maka H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan vertical garden terhadap suhu ruang kelas, sedangkan untuk karakteristik (LKPD) oleh validator dosen dan guru diperoleh rata-rata skor keidealan berdasarkan keseluruhan aspek yaitu 85.45% dan 77% dengan kategori “Sangat Baik dan Baik”.
Kata kunci: vertical garden, suhu udara, lembar kerja peserta didik (LKPD)
Full Text:
PDFReferences
Adibroto, T. A. 2002. Prospek dan Permasalahan Dalam Transfer Teknologi Lingkungan di Indonesia. Jurnal teknologi lingkungan. 3 (2): 121-128.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Francis, R. A., & Lorimer, J. 2011. Urban Reconciliation Ecology: The Potential Of Living Roofs And Walls. Journal of Environmental Management. 92 (6): 1429- 1437.
Givoni, B. 1994. Passive and Low Energy Cooling of Building. United State of America: Van Nostrand Reinhold.
Gleason, K. K., Simon K., and Rafael R. 2007. Climate Classroom; What’s up with global warming?, National Wildlife Federation.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hersandi, M. 2015. Brosur IPA Terpadu Sebagai Bahan Ajar di SMP ditinjau dari Aspek Keterbacaannya. Jember. Universirtas Jember. 1 (9): 139-144.
Isaac, S dan William B. 1997. Handbook in Research and Evaluation. 3rdEd. San Diego California: Educational and Industrial Testing Services.
Karyono, T. H. 2010. Pengantar Pemahaman Arsitektur Hijau di Indonesia. Jakarta. Rajawali Press.
Karyono, T. H. 2001. Pohon Sebagai Penyejuk Dan Pembersih Udara Kota.Universitas Indonesia Press. Jakarta.
Latief, A. 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Peserta Didik Di SMK Negeri Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Pulewali Mandar. Jurnal Pepatuzdu. 7 (1).
Muhajir, A.M. 2015. Pengembangan
Penuntun Praktikum Bioteknologi Kelas Xii IPA SMA Negeri 1 Binamu Kab. Jeneponto. Jurnal Biotek. 3 (1): 125-132.
Prasetyo, M.M. 2016. Pengembangan Penuntun Praktikum Mikrobiologi Berbasis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Biotek. 4 (1): 1-20.
Prastowo, A. 2012.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Shaikh, A.F., Gunjal, P.K. & Chaple, N.V. 2015. A Review On Green Walls Technology, Benefits & Design. International Journal Of Engineering Sciences & Research Technology. 4 (4): 312-322.
Stec W.J., Paassen A.H.C. &Maziar A. 2005. Modelling the Double Skin Facade with Plants. Journal Of Energy and Buildings.
Verliyanti, V. 2017.Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis InkuiriTerbimbing Pada Materi Garam Hidrolisis. Lampung. LampungUniversitas.
Widiastuti, R., Prianto, E. & Setia Budi, W., 2014.Kenyamanan Termal Bangunan Dengan Vertical Garden Berdasarkan Standar Kenyamanan Mom & Wieseborn.Jurnal PPKM UNSIQ. 8 (1): 1-12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.