Analisis Kesulitan Pendidik Biologi SMA se-Kota Bandar Lampung dalam Melaksanakan Kurikulum 2013
Abstract
The study was conducted to find out high school teacher’s difficulties on implementing 2013 curiculum. This research was qualitative descriptive research. The population were 78 high school biology teachers in Bandar Lampung City. The sample was taken using proportionate random sampling. The collected data were description of learning quality, learning assessment, and learning implementation, which was collected using questionnaire and interview. The results showed that planning difficulties were formulating teaching learning indicators and selecting appropriate teaching materials. The difficulty in the difficulties learning implementation were conditioning and activate students, manage time, and applying scientific approaches and PjBL model. The difficulties in the assessment aspect were making cognitive questions, conducting learning activities in affective domain, and take action naturally in the psychomotor domain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan pendidik biologi SMA se-Kota Bandar Lampung dalam melaksanakan Kurikulum 2013. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 78 pendidik Biologi SMA se-Kota Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Data penelitian ini berupa deskripsi kesulitan pendidik dalam merencanakan, melaksanakan dan melakukan penilaian pembelajaran yang diperoleh dari kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan pada aspek perencanaan adalah merumuskan indikator dan memilih materi ajar yang sesuai. Kesulitan pada aspek pelaksanaan adalah mengkondisikan dan mengaktifkan peserta didik, manajemen waktu, dan menerapkan pendekatan saintifik dan PjBL. Kesulitan pada aspek penilaian meliputi penyusunan soal ranah kognitif, melakukan kegiatan membentuk watak pada ranah afektif, serta melakukan tindakan secara alami pada ranah psikomotor.
Kata kunci: kesulitan, kurikulum 2013, pendidik biologi
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Angga, C. D. 2013. Problematika Guru Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Wonogiri dalam Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arista, S. 2015. Hambatan Guru Biolo-gi pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.
Asmarani, V. 2018. Identifikasi Hambatan Pembelajaran Biologi dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bagi Pendidik Biologi SMA Negeri se-Kota Madya Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Aqdwirida, R. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Magelang. Jurnal Kebijakan Pendidikan. 5(1): 8-15.
Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Harso, A., Suastra. I.W, dan Sudiatmika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lengka Rembong. Skripsi. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.
IEA. 2011. Trends in International Mathematic and Science Study (TIMSS). United Kingdom: Boston College.
Lamote, H. 2017. Kesulitan-kesulitan Guru Matematika dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah DDI Labibia. Jurnal Al-Ta’dib. 10(1): 3-18.
Masruroh. 2014. Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri Muntilan Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2003. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Qomariyah. 2014. Kesiapan Guru dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum 2013.Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang. 2(1): 2-15.
Setiadi, H. 2016. Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20(2): 166-178.
Sudaryono, Margono, G., dan Wardani, R. 2012. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sumitro. 2001. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
Widyasmoro, C. 2015. Identifikasi dan Analisis Hambatan Guru Biologi Kelas X dalam Implementasi Standar Proses dan Standar Penilaian Kurikulum 2013 di SMA Negeri se-Kabupaten Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wikanengsih, Nofiyanti, Ismayani, dan Permana. 2015. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi terhadap RPP yang disusun guru Bahasa Indonesia tingkat SMP di Kota Cimahi). Jurnal Ilmiah UPT P2M Siliwangi. 2(1): 106-119.
Zuhera, Y., Habibah, S dan Mislinawati. 2017. Kendala Guru dalam Memberikan Penilaian terhadap Siswa dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. 2(1): 73-87.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.