Pengaruh Discovery Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Siswa SMP

Isra Mirana Putri, Rini Rita T Marpaung, Darlen Sikumbang

Abstract


This research aim was to determine the effect of Discovery learning on metacognition skills and student learning outcomes. The design used was a nonequivalent pretest-posttest control group design.The research samples were 64 students of VIIB and VIIDthat were selected through cluster random sampling technique. Metacognition skills were data obtained from questionnaires andlearning outcomes (cognitive aspects) using pretest and posttest. Questionnaires of Independent Sample t-Test at 5%confidence level. The results showed thatmetacognition skills both in the planning, monitoring and evaluation stages of the experiment class were different significantly from the control class. The average N-gain in experiment class was 0,59 while in control class was 0,52. So it can be concluded that Discovery learninghas an effect on increasing metacognition skills but did not significantly effect on learning outcomes of students.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukanpengaruh modelDiscovery learning terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIB dan VIIDyang berjumlah 64 dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data keterampilan metakognisi diperoleh dari angket dan data hasil belajar (aspek kognitif) diperoleh dari pretest dan posttest. Angket dianalisis secara deskriptif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi baik tahap perencanaan, pemantauan maupun evaluasi pada kelas eksperimen (N-gain=0,59) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (N-gain=0,52).Jadi dapat disimpulkan bahwa Discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognisi tetapi tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, keterampilan metakognisi 


Full Text:

PDF

References


Andriani, D. 2017. Pembelajaran Discovery learning untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Pengasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 6 (2): 308-320.

Anderson , L.W, dan Krathwohl , D.R. 2001. A Taxonomy for Learning,Teaching, and Assesing, A revision of Bloom’s ,Taxonomy of Education Objectivites. New York: Addison Wesley Lonman Inc.

Anggraini, L. 2013. Pengaruh Keterampilan Metakognisi Terhadap Kemampuan Bertanya dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains. (Online (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/577, diakses pada 25 September 2018).

Bahri, S dan Aswan, Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berba-sis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti.

Fitriana, D. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa ( LKS ) IPA Terpadu Berbasis Model Connected Untuk Siswa SMP/MTs. Skripsi. Universitas Yogyakarta.

Hake, R. R. 2005. Analyzing Change/ Gain Scores. (Online), (www.phy-sics. indiana.edu/~sdi/ Analyzing-Change-Gain.pdf), diakses pada pada 24 Oktober 2016.

Haryani, S. 2013. Membangun Metakognisi dan Karakter Calon Guru Melalui Pembelajaran Praktikum Kimia Analitik Berbasis Masalah. Semarang: Unnes Press.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013.: Bogor. Ghalia Indonesia.

Imel, S. 2002. Metacognitive Skills for Adult Learning, (Online), (http-://www.cete.org-/acve/ docs/tia-00107.pdf diakses pada 19 April 2018).

Irmayani, S. 2013. Pengaruh Keterampilan Metakognisi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Discovery. E-Journal Pendidikan Fisika. (Online), (https://media.neliti.-com/media/publications/121435 di akses pada diakses pada 28 Oktober 2018).

Joolingen, Wouter Van. 1999. Cognitive tools for discovery learning. International Journal of Artificial Intelligence in Education (IJAIED), 10, 1999: 385-397.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar .

Lestari, K. E., dan Mokhammad, R. Y. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Louca, E. P. 2003. Metacognition and Theory of Mind . Newcastle: Cambridge Scholars Publishing

Melani, R. 2012. Pengaruh Metode Guide Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. (Online). (http://eprints.uns.ac.id/ 13651/1/1409-3135-1-SM.pdf, diakses pada 08 November 2018; 22.45 WIB).

Muhammad, N. 2016. Pengaruh Model Discovery learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 9.(1): 12-20.

Muhlisin, A., H. Susilo, M. Amin, dan F. Rohman. 2016. Analisis Kete-rampilan Metakognitif Ditinjau dari Kemampuan Akademik Berbeda pada Perkuliahan Konsep Dasar IPA. Prosiding Seminar Nasional Biologi.

Nur, M. 2000. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: Pusat Studi Matema-tika dan IPA Sekolah.

Orr, C. 2016. Using Discovery learning Pedagogies. New Zealand Journal of Teachers' Work. 13(1): 8-21. (Online), (http:https://ojs.aut.ac.nz/ teachers-work/index.php/teachers work/article/download/93/141/ diakses pada 8 Juli 2018).

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, M. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Drill And Practice Terhadap Aktivitas Belajar Siswa (Studi Kasus Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Kelas X SMAN 5 Kota Sukabumi Tahun Ajaran 2015-2016). (Online). (http://repository.unpas.ac.id/14778/ diakses pada 10 November 2018).

Sarnapi. 2016. Peringkat Pendidikan Indonesia Masih Rendah. (Online), (http://www.pikiran-rakyat.com-/pendidikan/2016/06/18/peringkat-pendidikan-indonesia-masih-rendah-372187 diakses pada 18 Oktober 2018).

Schraw, Gregory and David Moshman. 1995. Metacognitive Theories. Seating Arrangements in ESL Classroom. Bangladesh: BRAC University.

Suratno. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiadnyana I. W., Sadia I. W., dan Suastra I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Peserta didik SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 4(2): 1-13.

Yatim, R. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan: Suatu Tinjauan Dasar. Surabaya: SIC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.