Hubungan Pengetahuan Pencemaran Lingkungan dengan Sikap Peserta Didik dalam Pengelolaan Sampah Metode 3R

Tata Zettya Parawita, Arwin Surbakti, Berti Yolida

Abstract


This study aims to determine the significance, closeness, direction, and contribution of knowledge about environmental pollution with the attitudes of students in 3R waste management in high school. The design used in this study was correlational descriptive design. The sampling technique used cluster random sampling. The research data was obtained from tests and questionnaires. Data analysis techniques was simple linear regression analysis. The results indicated that there was a significant relationship between knowledge about environmental pollution with attitudes in waste management 3R method. There was a closeness relationship with low category and a positive relationship between the two variables. Knowledge of environmental pollution contributes low to attitudes in 3R waste management method.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan signifikansi, keeratan, arah, dan kon-tribusi dari pengetahuan tentang pencemaran lingkungan dengan sikap peserta didik dalam pengelolaan sampah 3R di SMP. Desain yang digunakan pada pene-litian ini adalah desain deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel meng-gunakan cluster random sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan tes dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara  pengetahuan tentang pencemaran lingkungan dengan sikap dalam pengelolaan sampah metode 3R. Selain itu, terdapat keeratan hubungan dengan kategori rendah dan terdapat hubungan yang positif antara kedua variabel. Pengetahuan tentang pencemaran lingkungan memberikan kontribusi yang rendah terhadap sikap dalam pengelolaan sampah metode 3R.                                                                              

Kata kunci: hubungan, metode 3R, pengelolaan sampah, pengetahuan, sikap.



Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2005. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. 1995. Masalah Pencemaran Edisi Pertama. Bandung: Tarsito.

Desfandi, M. 2015. Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Social Science Education Journal. 2 (1): 31-37 hlm.

Jumadil; Mustari, Kahar; dan Hamzah, Alimuddin. 2015. Penerapan Program Adiwiyata pada Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotor tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Di Kota Kendari. Jurnal Sains dan Tekno-logi. 5 (2): 195-202 hlm.

KNLH. 2010. Kesepakatan Bersama antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dengan Menteri Pendidikan Nasional No. 03/MENLH/02/2010 tentang Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Mukono. 2000. Prinsip Dasar Kesehatan Lingkungan. Surabaya: Airlangga University Press.

Muliana, R; Hamama, S; dan Zamzami. 2018. Hubungan Pengetahuan Lingkungan terhadap Sikap Siswa pada Pengelolaan Kebersihan di Sekolah. Jurnal Dedikasi Pendidikan. 2 (1): 8-13 hlm.

Wagiyatun. 2011. Pengaruh Pengetahuan Pencemaran Lingkungan terhadap Kepedulian Lingkungan Peserta Didik SMP Alam Ar-Ridho Semarang. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.

Widiyaningrum, P; Lisdiana; dan Purwantoyo, E. 2015. Evaluasi Partisipasi Siswa dalam Pengelolaan Sampah untuk Mendukung Program Sekolah Adiwiyata. Indonesian Journal of Conservation. 4 (1): 74-82 hlm.

Surna, I; dan Panderiot, D. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.