Pengaruh Program Adiwiyata terhadap Literasi Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan
Abstract
This research was conducted to find out the effect of Adiwiyata program and the environmental care attitude. Research design used was ex post facto. Sampling technique used was purposive sampling, there were 106 students taken as a samples from 30% population. Research data were obtained from test and questionnaire, analyzed by using independent sample t-Test. Result of the research showed that environmental literacy value in Adiwiyata was 74 ± 5,5 and non Adiwiyata school was 54 ± 8,9. Environmental care attitude in Adiwiyata school was 75 ± 5,8 and non Adiwiyata school was 75 ± 6,1. The results showed that there was an effect of Adiwiyata program on environmental literacy proven by the value (p=0,000 ≤ 0,05). The environmental care attitude was not affected by Adiwiyata program proven by the value (p=0,826> 0,05).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program Adiwiyata terhadap literasi lingkungan dan sikap peduli lingkungan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain ex post facto. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pringsewu dan SMA Negeri 1 Ambarawa Teknik pengambilan sampel yaitu sampling bertujuan khusus (purposive sampling), sampel berjumlah 106 siswa yang diambil dari 30% jumlah populasi. Data penelitian diperoleh dari soal tes dan kuisioner, kemudian dianalisis menggunakan uji independent sampel t-Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai literasi lingkungan pada sekolah program Adiwiyata sebesar 74 ± 5,5 dan 54 ± 8,9 untuk sekolah non program Adiwiyata. Sikap peduli lingkungan pada sekolah program Adiwiyata sebesar 75 ± 5,8 dan 75 ± 6,1 untuk sekolah non program Adiwiyata. Hasil uji hipotesis terdapat pengaruh program Adiwiyata terhadap literasi lingkungan dibuktikan dengan nilai (p=0,000 ≤ 0,05). Sikap peduli lingkungan tidak dipengaruhi oleh program Adiwiyata dibuktikan dengan nilai (p=0,826> 0,05).
Kata kunci: Adiwiyata, literasi lingkungan, sikap peduli lingkungan
Full Text:
PDFReferences
Abu-hola, I. 2009. An Islamic Per-spective On Environmental Literacy. Proquest education journals. 130 (2): 195-211
Azhar, M. dan Djahir, B.A. 2015. Hubungan Pengetahuan Dan Etika Lingkungan Dengan Sikap Dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan. 13 (1): 36-41.
Chawla, L. 2006. Research methods to investigate significant life experiences: review and recommendations. Environmental Education Research. 12(3-4): 359-374.
Cunningham, D.D. 2008. Literacy Environment Quality in Preschool and Children’s Attitudes Toward Reading and Writing. Literacy Teaching and Learning. 12 (2): 19-36.
Handayani, A. 2013. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Pen-dekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV.1 di SD N Keputran “A”. Yogyakarta: UNY
Hasan, I. 2009. Analisis Data Penelitian Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Haske, A. dan Wulan, A. 2014. Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Dalam Pembelajaran Ekosistem Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Pada Program Pengayaan. Skripsi . Program Studi Pendidikan Biologi. Program Magister UPI.
Hasri, H. 2015. Pembuatan Video Pembelajaran Lingkungan Hidup Berbasis Kondisi Lokal Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap. Skripsi. Yogyakarta: UGM
Hidayati, N., Taruna, N. dan Purnaweni, H. 2013. Perilaku Warga Sekolah Dalam Program Adiwiyata di SMK Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan 2013.
Iswari, R. dan Waluyo, S. 2017. Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa. Jurnal Ilmu Lingkungan. 15 (1): 35-41.
Margono, S. 2004. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
McBride, B.B., Brewer, C.A., Berko-witz, A.R., dan Borrie, W.T. 2013. Environmental Literacy, ecological literacy, ecolitercy: What do we mean and how did we get here?. Journal from Ecosphere. 4 (5): 67-77.
Muslihah, E. 2017. Semalaman Diguyur Hujan, Sejumlah Titik di Lampung Terendam Banjir. (Online), (https://regional. Kompas.com, diakses 15 Juni 2017).
Mustakin, B. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudra Biru.
NAAEE. 2011. by the North Ameri-can Association for Environmental Education Washington, USA. (Online), (http://www. naaee.net/, diakses 12 Februari 2018).
Narwanti, S. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.
OECD-PISA. 2007. Indications of environmental literacy: using a new survey instrument to measure awareness, knowledge, and attitudes of university aged students. Tesis. Iowa State University. USA.
Pokja AMPL. 2012. Laporan Studi Enviromental Health Risk Assesment (EHRA) Kabupaten Pringsewu. (Online), (http://documents.tips/documents/ehrapringsewu.html, diakses 15 Juni 2017).
Pratomo, S. 2009. Model Pem-belajaran Tematik dalam Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. UPI EDU. Bandung.
Purwanto, N. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sontay, G., Gokdere, M. dan USTA, E. 2015. A Comparative Investigation of Sub Components of the Environmental Literacy at the Secondary School Level. Journal of Turkish Science Education. 12 (1). 258-267.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tamara, R.M. 2016. Peranan Lingku-ngan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi. 16 (1). 44–55.
Walgito, B.C. 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.