Perbedaan Outdoor Study Dan Indoor Study Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
This study aims to determine the difference between Outdoor Study and Indoor Study learning on student learning outcomes and find out which learning between Outdoor Study and Indoor Study can improved student learning outcomes. This study used a non-equivalent pretest-posttest control group design. The study samples were 64 students of VII A and VII B classes that were selected by cluster random samplinng technique. Learning outcomes data were obtained using the pretest and posttest values. Data analysis used the independent sample t-test at a confidence level 5%. Based on the hypothesis test it can be concluded that there were differences in learning outcomes between Outdoor Study and Indoor Study learning. Outdoor Study Learning was better on increasing student learning outcomes with higher average learning outcomes compared with Indoor Study.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara pembelajaran Outdoor Study dan Indoor Study terhadap hasil belajar peserta didik serta mengetahui pembelajaran manakah antara Outdoor Study dan Indoor Study yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain non equivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIA dan VIIB yang berjumlah 64 dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar diperoleh menggunakan nilai pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test pada taraf kepercayaan 5%. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapaat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran Outdoor Study dan Indoor Study. Pembelajaran Outdoor Study lebih mampu meningkaatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan Indoor Study.
Kata kunci: indoor study,outdoor study, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Amri, dan Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Farazia, R. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas VII dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Madrasah Ibdidaiyah Nurul Huda Pondok Karya. Jurnal Peneltian: Tangerang Selatan.
Feryanti. 2008. Makna Pembelajaran. Bandung: Cempaka Terbit.
Ginting. 2005. Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Keterampilan Dasar Membaca Bahasa Indonesia, serta Minat Baca Murid. Jurnal Pendidikan. Penabur. Tahun IV No.4 : 17-33.
Husama. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Restasi Pustaka.
Ismail, A. 2009. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Kristiani. 2009. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Akademik Serta Interaksinya Terhadap Kemampuan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Kelas X di SMA Negeri 9 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Mariyana,dkk. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Permendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Didaknas dan Dikmen. Jakarta: Kemendikbud.
Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahastya.
Sabilu. 2008. Penggunaan Jurnal Belajar dalam Pembelajaran Multistrategi terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognisi Peserta didik SMA Negeri 9 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Sadiman, dkk. 2005. Media Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Umiarso. 2011. Pendidikan Pembebasan. Jakarta. Ar-Ruzz Media.
Utami, A. 2014. Penerapan Metode Outdoor Study dengan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Peserta didik di Kelas VB SDN 20 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Wara, H. 2015. Penerapan
Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Geografi. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Yatim. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.