Perbedaan Pengetahuan Biodiversitas Dan Sikap Peduli Lingkungan Antara Peserta Didik Di Sekolah Kawasan TNWK
Abstract
This study aims to determine differences in biodiversity knowledge and environmental concern among students in the TNWK Regional School with in Bandar Lampung City. Sampling used random sampling. The research design was ex post facto. The research data was obtained from tests and questionnaires, then analyzed using the t test. The results showed that there was a difference between biodiversity knowledge and environmental concern between the TNWK area school and the school in Bandar Lampung city. The results of a simple linear regression test showed that there was an influence between knowledge about biodiversity on the environmental concern of students in the TNWK Regional School. Whereas knowledge of the biodiversity of students in Bandar Lampung City schools has no influence on environmental concern.
Penelitian ini bertujuan menentukan perbedaan pengetahuan biodiversitas dan sikap peduli lingkungan antara peserta didik di Sekolah Kawasan TNWK dengan di Kota Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Desain penelitian adalah ex post facto. Data penelitian diperoleh dari tes dan kuisioner, kemudian dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan antara pengetahuan biodiversitas dan sikap peduli lingkung antara sekolah kawasan TNWK dengan sekolah di kota Bandar Lampung. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukan terdapat pengaruh antara pengetahuan tentang biodiversitas terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik di Sekolah Kawasan TNWK. Sedangkan pengetahuan pengetahuan tentang biodiversitas peserta didik di sekolah Kota Bandar Lampung tidak terdapat pengaruh terhadap sikap peduli lingkungan.
Kata Kunci: kawasan TNWK, pengetahuan biodiversitas, sikap peduli lingkungan
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, F. 2004. Ekonomi Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Arikunto. S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung. 2015. Distribusi dan Kepadatan Penduduk Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. 2015. (https://lampung.bps.go. id/ dynamictable/2017/04/11/387/distribusi-dan-kepadatan-enduduk-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-lampung-2015.html, diakses pada tanggal 25 Maret 2018 pukul 22.36 WIB.)
Barlia, L. 2008. Teori Pembelajaran Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Subang: Royyan Press.
Departemen Kehutanan. 2012. Keputusan Mentri No.8205/Kpts-II/2002 tentang Perubahan Peraturan Mentri Kehutanan No.P.70./Menhut-II/2008 tentang Pedoman Teknis Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Jakarta: Departemen Kehutanan Republik Indonesia.
Hermawan, L., Q. and C., Puspita. 2007. Pemanfaatan Sampah Organik sebagai Sumber Biogas untuk Mengatasi Krisis Energi Dalam Negeri. Bandar Lampung: Karya Tulis Ilmiah Universitas Lampung.
Insani, M.D. 2016. Studi Pendahuluan Identifikasi Penggunaan Kesulitan dalam Pembelajaran pada Guru IPA SMP Se-kota Malang: Jurnal Pendidikan Biologi. Malang.7 (2): 81-93
Kemendikbud. 2017. Panduan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar SMA. Jakarta: Kemendikbud.
Mumpuni, K. E., Susilo, H., Dan Rohman, F. 2015. Peran Masyarakat Dalam Upaya Konservasi. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015. Surakarta.
Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Pratomo. S. 2009. Model Pembelajaran Tematik Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 11: 1-18
Siahaan, N.H.T. 2004. Hukum Lingkungan Dan Ekologi Pembangunan. Jakarta: Erlangga.
Sudaryono, Margono G., dan Rahayi W.2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sumarmi. 2008. Sekolah Hijau Sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan. 5 (1): 19-25.
Surbakti, A. 2015. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tropical Forest Conservation Action. 2018. Taman Nasional Way Kambas: Benteng Terakhir Hidupan Liar. (http://ijcasumatra.org/ taman nasional-way-kambas-benteng terakhir-hidupan-liar/, diakses pada tanggal 19 Maret 2018 pukul 21.10 WIB.)
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/ploads/2016/08 /UU_no_20_th_2003.pdf, diakses pada tanggal 24 Februari 2018 pukul 21.10 WIB.)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.