Pengaruh Argument-Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda
Abstract
This study aimed to determine the significance of the effect of Argument-Driven Inquiry learning models, academic ability, and the interaction of learning models with academic ability on learning the structure and function of plants on students' critical thinking skills. The research sample was students of class VIII.1 and VIII.2 taken by cluster random sampling technique. This research was quasi-experiment with Pretest Postes Non-Equivalent Control Group Design. The instrument used in this research was test of critical thinking skills. Data analysis with Ancova and BNT tests respectively at 5% significance level. The results showed that the ADI learning model, academic ability, and interaction between the learning model and academic ability had a significant effect on students' critical thinking skills with their respective significance values that were 0,000; 0,021; 0,014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI), kemampuan akademik, dan interaksi model pembelajaran dengan kemampuan akademik pada pembelajaran struktur dan fungsi tumbuhan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 yang diambil dengan teknik cluster random sampling Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Pretest Postes Non Equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data dengan uji Ancova dan BNT masing-masing pada taraf nyata 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI, kemampuan akademik, dan interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi masing-masing adalah 0,000; 0,021; 0,014.
Kata kunci: Argument Driven Inquiry (ADI), keterampilan berpikir kritis, kemampuan akademik
Full Text:
PDFReferences
Adiansyah, R. 2017. Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Berkemampuan Akademik Berbeda pada Model Pembelajaran PBL Terintegrasi Jigsaw. Kediri: Pendidikan Biologi Universitas Nusantara Kediri.
BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Cottrell, S. (2005). Critical Thinking Skills Developing Effective Analysis and Argument. Basingstoke: Palgrave Macmillan.
Demircioglu, T dan Ucar, S. 2015. Investigating the Effect of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Educational Sciences: Theory and Practice. 15 (1): 267-283.
Dipalaya, T. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe Discuss Explain) Pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA di Kota Makassar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Ennis. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Chicago: University of Illinois.
King, L. A. 2010. Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika.
Mamu, H. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik, dan Interaksinya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi. Jurnal Pendidikan Sains. 2 (1): 1-11.
Marhamah, S. 2017. Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang. Jurnal Quangga. 9 (2): 46-54.
Muhfahroyin. 2009. Pengaruh Strategi Think Pair Share (TPS) dan Kemampuan Akademik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA di Kota Metro. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 16 (2): 107-115.
Mutia, S. 2015. Pembelajaran IPA Terpadu Pencemaran Lingkungan Dengan Argument-Driven Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Ilmiah dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP. Bandung: FKIP UPI.
Nurramadhani, A. 2016. Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi dan Berpikir Kritis Siswa SMP Tema Pencemaran Lingkungan (skripsi). Bandung: UPI.
Purwanto, N. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Prayitno. 2010. Potensi Pembelajaran Kooperatif Dalam Memberdayakan Prestasi Belajar Siswa Under Achievment (Upaya Mensejajarkan Prestasi Belajar Siswa Akademik Bawah Dengan Siswa Akademik Atas). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sampson, P., Enderle, P., Gleim, L., Grooms, J., Hester, M., Southerland, S., dan Wilson, K. 2011. Argument Driven Inquiry in Biology. United States of America: NSTA Press.
Sampson dan Gleim. 2009. Argument-Driven Inquiry To Promote the Understanding of Important Concepts and Practices in Biology. The American Biology Teacher. 71 (8): 465-471.
Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning: Student Teams. US: National Education Association of The United States.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.