PENGARUH PENGGUNAAN KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI SISWA
Abstract
This study was aim to determine the effect of the picture cards through STAD learning model in improving students' mastery of the material and activities. The study design was a pretest-posttest equivalent group. The samples were VIIC and VIIB classes selected by purposive sampling. This research data were qualitative and quantitative data. Qualitative data were the activities and students' questionnaire responses. Quantitative data was the average test scores were analyzed using t-test and U test. The results showed that the activity of working together, present their views, ask questions, listen to the discussion, and present the results of the discussion has increased. Mastery of students also increased, with the average value of N-gain of 60,43. So, the picture cards through STAD model was given influence in increasing the activity and material mastery of students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu bergambar melalui model pembelajaran STAD dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIC dan VIIB yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bekerjasama, mengajukan pendapat, mengajukan pertanyaan, mendengarkan diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi mengalami peningkatan. Penguasaan materi siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 60,43. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan kartu bergambar melalui model pembelajaran STAD berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa.
Kata kunci: aktivitas, kartu bergambar, model pembelajaran STAD, penguasaan materi.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Depdiknas. 2003. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara. Jakarta.
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Kartiningsih, L. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Benda dan Sifatnya Melalui Model Picture to Picture (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. http://repository.upi.edu/operator/upload/s_pgsd_0810220_chapter1.pdf. (31 Januari 2013; 15:12 WIB).
Prawiradilaga, D.S. 2009. Prinsip Desain Pembelajaran. Kencana. Jakarta.
Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. SIC. Jakarta.
Sadiman, A.S, dkk. 2008. Media Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sanjaya, W. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana. Jakarta.
Sardiman, A.M, dkk. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sulastri, E. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Aktivitas Dan Penguasaan Materi Pokok Ekosistem (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Susanti, D. 2012. Penggunaan Kartu Bergambar Melalui Pembelajaaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa (Jurnal). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Susilowati, D.E. 2012. The Influence of Using Picture Card Through Example Non Exmples Learning Model to The Student’s Creative Thinking Ability (Jurnal). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana. Jakarta.
Wardhani, S dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Kementrian Pendidikan Nasional. Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.