Analisis Kesesuaian Materi Virus Pada Buku Teks SMA Kelas X Dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Amalia Fauziyah, Tri Jalmo, Arwin Surbakti

Abstract


This study aims was to described the confirmity level of virus material on biology textbook for class X with basic competence of 2013 curriculum from aspect of material breadth and depth. The sample was used A textbook published by Erlangga and B textbook published by Yrama Widya. Research instrument is form of material confirmity analysis sheets of textbook. Data collected by documentation study with content analysis on textbooks. Research data was analyzed descriptively qualitative. The result shows that the A textbook was viewed from the aspect of the material breadth and depth equally categorize “very appropriate” (100%). While in the B textbook was viewed from the aspect of the material breadth categorize was “appropriate” (75%), while based on aspect of the material depth categorize “appropriate” (80%). Therefore, A textbook and B can be used as was handbook required for students.


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi Virus pada buku teks Biologi kelas X dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 ditinjau dari aspek keluasan dan kedalaman materi. Sampel yang digunakan adalah buku teks A diterbitkan oleh Erlangga dan buku teks B diterbitkan oleh Yrama Widya. Instrumen penelitian berupa lembar analisis kesesuaian materi pada buku teks. Pengumpulan data melalui studi dokumentasi dengan analisis konten buku teks. Data penelitian berupa kesesuaian materi virus pada buku teks ditinjau dari aspek keluasan dan kedalaman materi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks A ditinjau dari aspek keluasan maupun kedalaman materi sama-sama berkategori “sangat sesuai” (100%). Buku teks B dilihat dari aspek keluasan materi berkategori “sesuai” (75%), sedangkan dari aspek kedalaman materi berkategori “sesuai” (80%). Dengan demikian, buku teks A dan buku teks B dapat digunakan sebagai buku pegangan wajib bagi siswa.

 

Kata kunci: buku teks, kedalaman materi, keluasan materi, materi virus



Full Text:

PDF

References


Ayu, G. M. 2016. Perbandingan Keluasan, Kedalaman dan Kemutahiran Isi Buku Biologi SMA Indonesia dengan Beberapa Negara Lain pada Topik Genetik. Jurnal Pelita Pendidikan. 4(1): 97. Medan: Universitas Negeri Medan.

BSNP. 2008. Permendiknas No 2 Tahun 2008 tentang Buku. Jakarta: BSNP.

BSNP. 2013. PP No 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Pera-turan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Djelita, R. D. P. 2013. Pemilihan dan Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Tuntutan Profesionalisme. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. 5(1): 1-8. (Online), (https://dispendik. Surabaya.go.Id/surabayabelajar/jurnal/199/5.1.pdf), diakses 10 November 2016).

Farisi, M. I. 2012. Buku Teks Sebagai Psychological Tool Proses Enkulturasi dan Pelestarian Kearifan Lokal. Jurnal. (Online), (https://utsurabaya.files.wordpress.com/2012/12/tingiv.pdf/ diakses 17 November 2016).

Fitriyani, E. 2015. Pengelolaan Evaluasi Aspek Sosial Dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Management Pendidikan. 10(2) :155. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hamalik, O. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Handayani, A. R. 2015. Analisis Kesesuaian antara Materi dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Thesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Handoko, R dan Sipatuhar, H. 2016. Analisis Miskonsepsi pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Kurikulum 2013 di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Pelita Pendidikan. 4(1):39-47. (Online), (jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/3681), diakses 10 November 2016).

Mulyani, S. S. 2013. Analisis Kedalaman dan Keluasan Materi pada Buku Teks SMP dan SMA Mengenai Konsep Sistem Pencernaan. Skripsi. (Online), (repository.upi.edu/2792), diakses tanggal 16 November 2016).

Prayoga, A. 2011. Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Pelajaran Fisika SMA. Skripsi S1 Semarang: IAIN Walisongo.

Syuhada, A. 2017. Analisis Kesesuaian Materi Klasifikasi Hewan Buku Teks Biologi SMA dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Taringan, H. G. dan Djago T. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.