Analisis Kesesuaian Materi Klasifikasi Tumbuhan Pada Buku Teks SMA Kelas X

Anggraini Eka Putri, Tri Jalmo, Arwin Surbakti

Abstract


This study aim was to describe the conformity level of Plant Classification materials on biology textbooks with basic competence from aspect material breadth and depth. This research was a qualitative research using documentation study. The samples was used A book and B book. The instrument of this research was the material conformity sheet in terms of the material breadth and depth. Data collection through documentation study by analyzing content of material. The data of this research were analyzed descriptively qualitative. The result of the conformity analysis of book material A and B in terms of the breadth of material shows the category "very fit" with 100% percentage. Meanwhile, depth aspect in book A shows the "appropriate" category with percentage of 67% and in book B showed  the category "less appropriate" with 50% percentage. Thus, the contentness of the material in book A was higher in terms of breadth and depth of material compared with book B


Penelitian bertujuan mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi Klasifikasi Tumbuhan pada buku teks dengan kompetensi dasar ditinjau dari aspek keluasan dan kedalaman materi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan studi dokumentasi. Sampel penelitian adalah buku A dan buku B. Instrumen penelitian menggunakan lembar kesesuaian materi ditinjau dari apek keluasan dan kedalaman materi. Pengumpulan data melalui studi dokumentasi dengan menganalisis isi materi buku teks. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis kesesuaian materi pada buku A dan B ditinjau dari aspek keluasan materi menunjukkan kategori “sangat sesuai” dengan persentase 100%. Sementara, dari aspek kedalaman pada buku A menunjukkan kategori “sesuai” dengan persentase 67% dan buku B menunjukkan kategori “kurang sesuai” dengan persentase 50%. Dengan demikian, kesesuian materi pada buku A lebih tinggi dilihat dari segi keluasan dan kedalaman materi dibandingkan dengan buku B.

Kata kunci: kedalaman materi, keluasan materi, klasifikasi tumbuhan


Full Text:

PDF

References


Abdulkarim, A .2007. Analisis Isi Buku Teks dan Implikasinya dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Peserta Didik SMA. Bandung: Forum Kependidikan, Volume 26. Nomor 2.

Basuki, N.W. 2015. Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Penelitian Bahasa Sastra dan Pengajarannya. 3 (2): 1-20. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 20 hlm.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Djelita, R D. P. 2013. Pemilihan dan Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Tuntutan Profesionalisme. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya Vol 5 (1): 1-8. (Online), (https://dispendik. Surabaya.go.Id/surabayabelajar/jurnal/199/5.I.pdf, diakses 10 November 2016).

Handayani. R.A. 2014. Analisis Kesesuaian Antara Materi dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: UIN.

Khumaioro, G.F. 2015. Analisis Buku Teks Biologi Kurikulum 2013 SMA Kelas XI Ditinjau dari Ketepatan Konsep dan Tingkat Akomodasi Pendekatan Saintifik Pada Konsep Sistem Ekskresi. Skripsi. Institut Afama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Cirebon.

Mulyani, S.S. 2013. Analisis Kedalaman dan Keluasan Materi Buku Teks Biologi SMP dan SMA Mengenai konsep Sistem Pencernaan Makanan. Skripsi.(Online),(repository.upi.edu/2792), diakses tanggal 16 November 2017).

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Remaja Rosadkarya.

Mulyono, P . 2010. Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah, Naskah Akademik Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Rinika Cipta.

Muslih, M. 2010. Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Oemar, H. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Pandu,A. 2016. Analisis Kesesuaian Antara Buku Teks Siswa Tematik Terpadu dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Kediri: UN PGRI.

Rikiza, P. 2010. Kesesuaian Antara Materi Plantae yang Disampaikan Guru di SMAN Kota Bandung dengan Kompetensi Dasar. Bandung: Universitas Lancang Kuning.

Saadah, S. 2013. Analisis Kedalaman dan Keluasan Materi pada Buku Teks Biologi SMP dan SMA Mengenai Konsep Sistem Pencernaan Makanan. Skripsi. Bandung: UPI.

Semiawan, A. 2007. Sumber Daya Manusia Berbasis Teknologi . Diakses dari http://www.pati.or.id/opini_files/Page512.htm pada 15 Maret 2017 pukul 15.00 WIB.

Sutedjo, B. 2012. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Diakses dari http://tedjo21.files.wordpress.com/2009/09/pengembangan-materi-ajar-lpp-maret-2008.pdf pada 14 Februari 2018 pukul 15.00 WIB.

Waluyo, M. 2010. Analisis Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kelas VII SMP Pelajaran Matematika Ditinjau dari Implementasi Pendekatan Kontekstual. Surakarta: Skripsi pada Program Sarjana Universitas Muhammadiyah.

Yusuf, A. 2009. Guru dan Pembelajaran Bermutu. Bandung: Rizki.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.