Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Sistem Organisasi Kehidupan dengan Model Argument-Driven Inquiry (ADI)

Wahyu Dwi Lestari, Neni Hasnunidah, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This research aimed to describe the validity and practicality of life organization systems practical guidebook which was developed by ADI model. The researchs design was R & D with 4-D model covered define, design, develope, and disseminate, but disseminate stage was not done. Data analysis used qualitative descriptive. The practical guidebook was made by an interesting cover. Each practical guidebook consisted; practicals title, theoretical base, objectives, research questions, tools, materials, work steps, argumentation scheme, argumentation sessions and reports. Expert and practitioner validation results showed that the valid with category "excellent". The results of the legibility test by the students indicate that the practical category is "excellent". The results of the implementation test of all practicum procedures showed that practically was almost all activities performed". Thus, it can be concluded that the guiding book of life organization systems practicum which developed valid and practical.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas buku penuntun praktikum sistem organisasi kehidupan yang dikembangkan dengan model ADI. Desain penelitian ini menggunakan R & D dengan model 4-D meliputi define, design, develope, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Buku penuntun praktikum dibuat dengan sampul yang menarik. Setiap lembar kerja praktikum terdiri atas: judul praktikum, dasar teori, tujuan, pertanyaan penelitian, alat, bahan, langkah kerja, skema argumentasi, sesi argumentasi, dan laporan. Hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan bahwa buku penuntun adalah valid dengan kategori baik sekali. Hasil uji keterbacaan oleh siswa menunjukkan bahwa buku penuntun bersifat praktis dengan kategori baik sekali. Hasil uji keterlaksanaan menunjukkan bahwa seluruh prosedur praktikum bersifat praktis dengan kriteria hampir seluruh kegiatan terlaksana. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku penuntun praktikum sistem organisasi kehidupan yang dikembangkan valid dan praktis.

Kata kunci : Argument-Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, sistem organisasi kehidupan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Farikhayati. 2009. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Untuk SMP/MTs Kelas VII Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Fikri, I. 2015. Analisis Keterlaksanaan Penggunaan Petunjuk Praktikum Materi Jaringan Tumbuhan dan Hewan Kelaz XII IPA Mata Pelajaran Biologi di Ma NU 3 Ittihad Bahari Demak. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Ginanjar, W. 2014. Penerapan Model Argumen-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Skripsi. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hasnunidah, N. 2016. Pengaruh Argument-Driven Inquiry Dengan Scaffolding Terhadap Keterampilan Argumentasi, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pendalaman Konsep Biologi Dasar Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Lampung. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hersandi, M. 2015. Brosur IPA Terpadu sebagai Bahan Ajar di SMP ditinjau dari Aspek Keterbacaan. Skripsi. Pascasarjana Jurusan Pendidikan IPA. Malang: Universitas Negeri Malang.

Klare, G. R. 1984. Readability: Handbook of Reading Research. New York: Longman Inc.

Mc Neill, K. L. 2009. Teachers Use of Curriculum to Support Students in Writing Scientific Arguments to Explain Phenomena. Journal of Science Education, 93: 223-268. (Online), (http://interscience.wi-ley.com, diakses 10 Desember 2016).

Mudjito. 2015. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Munandar, K. 2016. Pengenalan Laboratorium IPA Biologi Sekolah. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nengsi, S. 2016. Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Inkuiri Terbimbing Mahasiswa Biologi STKIP Payakumbuh. Jurnal IPTEKS Terapan. Sumatra Barat: Payakumbuh. 10 (1): 47-55. (Online), (http://www.academia-edu/31671603/pengembangan_penuntun_praktikum_biologi_umum_berbasis_inkuiri_terbimbing_mahasiswa_biologi_STKIP_payakumbuh, diakses 26 Februari 2017).

Nimah, H. I. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Pendekatan SETS untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Osborne, J. 2010. Arguing to Learn in

Science: The Role of Collaborative, Critical Discourse. Science, Vol. 328, Issue 5977: 463-466. (Online), (http://sciencesciencemag.org,diakses 28 Januari 2017).

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan. Bandung: Alfabeta.

Salirawati.2010. Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan. Artikel Jurnal INOTEK 15-91: 97-108. (Online), (https://Jurnal.UniversitasNegeriYogyakarta.ac.id, diakses 26 Februari 2017).

Sampson, V. and Gleim, L. 2009. Argument-Driven Inquiry to Promote the Understanding of Important Concepts & Practices in Biology. The American Biology Teacher. 71 (8): 465-472. (Online), (http://utexas.influent.utsystem.edu, diakses 19 Juli 2017).

Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Childern Source Book. Bloomington: Center for Inovation on Teaching the Handicapped. (Online), (http://files.eric.ed.gov, diakses 26 Agustus 2017).

Utomo, M. P. 2011. Adaptasi Pelaksanaan Praktikum Kimia Negara OECD. Makalah disampaikan Pada PPM Unggulan berjudul Adaptasi Kurikulum Kimia SMA Bertaraf Internasional terhadap Kurikulum dari Negara OECD. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Waluyo, M. 2014. Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis Untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMP. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. (Online), (digilib.uns.ac.id/view/year/2014.type.htm, diakses 28 Oktober 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.