Identifikasi Kesulitan Guru IPA dalam Merencanakan dan Melaksanakan Asesmen
Abstract
This study aims was to measure science teachers in Labuhan Maringgai sub-district in planning and implementing the assesement. The samples of this research were 30 science teachers of SMP in Labuhan Maringgai sub-district. Qualitative data was analyzed by descriptive statistic technique. The results showed that the average of science teachers difficulties in planning and implementing assesement was sufficient. The highest percentage that caused teachers difficulties in planning assesement was pinning the learning objectives. While the problems that caused difficulties in conducting assesement were implementing affective domain assesement, especially in observing aspects and conditioning the assesement implementation. It can be concluded that the difficulties of science teachers in Junior High School in Labuhan Maringgai District in planning assesement had difficulty in determining assesement techniques and determining the form of assesement. The difficulty of assesement implementation was implementing the affective domain assesement, that domain can not be measured because the attitude and character of learners at any time may change.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan guru IPA se-Kecamatan Labuhan Maringgai dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Sampel penelitian adalah 30 guru IPA SMP se-Kecamatan Labuhan Maringgai. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kesulitan yang dialami guru IPA dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen tergolong cukup. Persentase tertinggi yang menyebabkan guru kesulitan dalam merencanakan asesmen adalah menetapkan tujuan pembelajaran. Sedangkan persentase tertinggi yang menyebabkan guru kesulitan dalam melaksanakan asesmen adalah dalam pelaksanaan asesmen ranah afektif, terutama dalam mengamati aspek sikap dan mengkondisikan pelaksanaan asesmen. Dapat disimpulkan bahwa kesulitan guru IPA SMP se-Kecamatan Labuhan Maringgai dalam merencanakan asesmen yaitu dalam menentukan teknik asesmen dan menentukan bentuk asesmen. Kesulitan dalam melaksanakan asesmen yaitu pada ranah afektif, ranah tersebut tidak dapat diukur karena sikap dan karakter peserta didik sewaktu-waktu dapat berubah.
Kata kunci: asesmen, guru IPA, kesulitan, melaksanakan, merencanakan
Full Text:
PDFReferences
Asarina, R. 2014. Studi Eksplorasi Kendala-Kendala Guru dalam Pembelajaran IPS di SMP Wilayah Kecamatan Moyudan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ayurianti, S. D. 2015. Hambatan Guru dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Pembelajaran Kompetensi Keahlian Multimedia Pada Penerapan Kurikulum 2013 di SMK se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Dewantari, P.M.A. 2015. Identifikasi Kesulitan Guru IPA dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Enggarwati, N. S. 2015. Kesulitan Guru SD Negeri Glagah dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(12) : 1-8 (Online), (http ://-journal.student.uny.ac.id., diakses 04 April 2017).
Maghfiroh, U. 2015. Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Mata Pelajaran PPKN Kelas VII SMP Negeri 1 Lasem dan SMP Negeri 1 Sedan Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rahmat, S. P. 2009. Penelitian Kualitatif. EQUILIBRIUM. 5(9): 1-8. (Online), (http://eprints.umsida.ac.id., diakses 07 Februari 2017).
Retnawati, H., S. Hadi., dan A.C. Nugraha. 2016. Vocational High School Teachers Difficulties in Implementing the Assessment in Curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. International Journal of Instruction. 9 (1):33-48. (Online), (https://www.researchgate.net., diakses 16 Januari 2017).
Rosalina, S. 2014. Kemampuan Guru Mata Pelajaran IPA dalam Pembuatan Soal Ulangan Di SMP Negeri 5 Purwodadi. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Subali, B. 2010. Penilaian, Evaluasi, dan Remedial Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Susena, Triwahyuningsih, Supriyadi, dan Arief. 2015. Kesulitan-kesulitan Guru dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidkan Kewarganegaraan (PKN) Kurikulum 2013 di SMP se-Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Tukirno. 2012. Kesulitan-Kesulitan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Bidang Seni Rupa Di Kelas V SDN Arjosari 01 Kecamatan Blimbing Tahun Ajaran 2011-2012. Skripsi. Malang. Universitas Negeri Malang
Uno, H. B, dan S, Koni. 2014. Assessment Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.
Wisudawati, A.W. dan E, Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.