Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Peduli Lingkungan Hidup

Rizal Ahmadi, Arwin Surbakti, Tri Jalmo

Abstract


This study was aimed to find out the relationship between living environmental knowlege with living environmental care attitude. The design of this research was descriptive quantitative. The subjects of this study were students of VIII grade of SMP Negeri 3 Tumijajar that were obtaimed sample technique with the number of 112 students. Knowledge understanding was measured by tests and environmental care attitudes with a Likert scale questionnaire. The data of the research were analyzed by simple linear regression analysis. The results showed that students' environmental knowledge is sufficient (49.6 15.2). Bisides that, the environmental care attitude of students was very well (83.9 8.6). The results also showed that there was a significant correlation between living environmental knowledge with environmental care attitude with the value of correlation 0.50 and there was a low contribution that was 25%. The results of these contributions showed that the formation of environmental attitude was not fully influenced by environmental knowledge.


Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap peduli lingkungan hidup. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tumijajar yang diambil dengan teknik sampel jenuh dengan jumlah 112 siswa. Penguasaan pengetahuan diukur dengan tes dan sikap peduli lingkungan diambil dengan kuesioner skala Likert. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan lingkungan hidup siswa berkategori cukup (49,6 15,2). Selain itu, sikap peduli lingkungan hidup siswa berkategori sangat baik (83,9 8,6). Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap peduli lingkungan hidup dengan nilai hubungan 0,50 dan terdapat kontribusi yang rendah sebesar 25 %. Hasil kontribusi tersebut menunjukkan terbentuknya sikap peduli lingkungan tidak sepenuhnya dipengaruhi pengetahuan lingkungan.

Kata kunci : hubungan, pengetahuan lingkungan, sikap peduli lingkungan


Full Text:

PDF

References


Akhadi, M. 2013. Ekologi Energi mengenali dampak lingkungan dalam pemanfaatan sumber-sumber energi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Akhadi, M. 2014. Isu Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives). Abridge Edition. New York: David McKay Company.

Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evalua-si pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Assifa, F. 2017. Sejumlah Titik di Lampung Banjir. (Online), (http://regional.kompas.com/read/2017/02/21/10410851/semalama.diguyur.hujan.sejumlah.titik.di.lampung.terendam.banjir, diakses 18 Maret 2017 pukul 14.12 WIB).

Azwar, S. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barkatin., Lailan W., dan Hari. 2016. Analisis Perilaku Pelajar Terhadap Lingkungan Studi Kasus Pendidikan Menengah di Kabupaten Bogor. Jurnal Pengelolaan Sumber daya Alam dan Lingkungan. 6 (2) 122-130 (http://journal.ipb.ac.id/index.php/jpsl/article/download/11721/11201, diakses 18 Maret 2017).

Fauzi, M. H. 2012. Hubungan Pengetahuan Lingkungan Ter-hadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa SMA Kelas XI Karanganyar. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamzah, S. 2013. Pendidikan Ling-kungan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Handayani, A. 2013. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Pendekatan SAINS Teknologi Masyarakat (STM) Dalam Pembelajaran IPA. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada.

Istiana, R. 2014. Hubungan antara Pengetahuan Pencemaran dan Etika Lingkungan dengan Perilaku Mahasiswa dalam Mencegah Pemanasan Global. Jurnal Ilmiah Pendidikan PEDAGOGIA. 6 (1) : 98 107.

Jahja, Y. 2011. Psikologi perkem-bangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Keraf, A.S., dan Mikhael, D. 2001. Ilmu Pengetahuan, Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: Kanisus

Liesnoor S., Setyowati., Sunarko, Sri, dan Rudatin X . 2014. Pendidi-kan Lingkungan Hidup. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Peduk R., Saputro, D., dan Siti S. 2016. Hubungan Pengetahuan Ling-kungan Hidup, Tingkat Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Terhadap Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal GeoEco. 2 (2): 128-136. (Online), (https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/download/8926/7942, diakses 18 Maret 2017).

Pokja PPSP. 2014. Buku Putih Sanitasi Kabupaten Tulang Bawang Barat. (Online) (http://ppsp.nawaris.info/dokumen/perencanaan/sanitasi/pokja/bp/kab.tulangbawangbarat/BUKU%20PUTIH%20SANITASI%20KAB%20TULANG%20BAWANG%20BARAT.pdf, diakses 19 Maret 2017 pukul 09.00 WIB).

Rusmaliana, A., dan Erna R. 2012. Efektifitas Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Kota Bandar Lampung Tentang Waktu Pembuangan Sampah Sebagai Upaya Menciptakan Kebersihan Lingkungan. Jurnal Sosiologi. 14 (1): 1-9 (Online), (https://publikasi.fisip.unila.ac.id%2Findex.php%2Fsosiologi2%Farticle%2Fview%2F154&usg=AOvVaq0cA5XQm8vOOhdur-WpYvmu, diakses 19 Maret 2017).

Soeriaatmadja, R.E. 2003. Ilmu Lingkungan, Edisi ke-IV. Bandung: ITB Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuanti-tatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.