Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Ekosistem Dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa

Elza Yulistiana, Arwin Surbakti, Berti Yolida

Abstract


The aims of this study were to determine the significance, correlation level, direction of correlation and contribution of knowledge about the ecosystem with attitude of environmental care. The design of this research was descriptive correlational. The subjects of this study were 98 VIII grade students of Junior High School 7 Bandar Lampung that determined by cluster random sampling technique. Data of knowledge and data of environmental that was taken using multiplechoice test and questionnaire. Data were analyzed using a simple linear regression. The results showed that: (1) there was a significant correlation between the knowledge with the attitude by the Sig value. 0.000 <0.05; (2) the level of correlation of knowledge and attitude was moderate with the value R = 0,594. (3) the direction of correlation between knowledge and attitude was positive with the regression line equation that Y = 65,989 + 0,306X; (4) contribution of knowledge to attitude that was equal to 35%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi, tingkat korelasi, arah hubungan, dan kontribusi pengetahuan tentang ekosistem dengan sikap peduli lingkungan. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung sebanyak 98 siswa dipilih secara cluster random sampling. Data pengetahuan dan sikap diperoleh dari hasil tes dan angket. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05; (2) tingkat korelasi antara pengetahuan dengan sikap adalah sedang dengan nilai R = 0,594; (3) arah hubungan antara pengetahuan dengan sikap adalah positif dengan persamaan garis regresi yaitu Y = 65,989 + 0,306X; (4) kontribusi pengetahuan terhadap sikap sebesar 35%.

Kata kunci: ekosistem tentang pengetahuan, sikap peduli lingkungan, siswa



Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. 2005. Attitude, Personality and Behavior (second edition). New York: McGraw Hill.

Azwar, S. 2003. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barkatullah, H. 2006. Hubungan antara Pengetahuan tentang Ekosistem dengnan Sikap Siswa dalam Konservasi Sumber Daya Alam. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Dewi, M., dan Wawan, A. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Fauzi, M. I. 2012. Hubungan Pengetahuan Lingkungan terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa SMA Kelas XI di Kabupaten Karangayar. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Frankel, J. P. & Wallen N. E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw Hill Companies, Inc.

Herawan, D., A. R. H., dan Ratnaningsih, N. 2012. Hubungan antara Pengetahuan tentang Kesehatan Lingkungan dan Sikap Siswa terhadap Kesehatan Lingkungan dengan Perilaku Siswa dalam Memelihara Kesehatan Lingkungan Sekolah. Skripsi. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Hidayati, N. 2013. Perilaku Warga Sekolah Mengimplementasikan Program Adiwiyata (Studi Kasus SMK Negeri 2 Semarang). Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Kemendikbud. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Lingkungan Hidup. 2012. Status Lingkungan Hidup Indonesia 2012 (Online). (http://menlh.go.id diakses pada 09 Februari 2017).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: KNLH.

Mustakim, B. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Delapan Karak-ter Emas Menuju Indonesia Ber-martabat. Yogyakarta: Samudra Biru.

Narwanti, S. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Notoatmodjo, S. 2010. Pendidikan dan Perilaku Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Pokja AMPL. 2012. Buku Putih Sanitasi kota Bandar Lampung bab 3. Bandar Lampung: Pemerintahan Kota Bandar Lampung.

Samuel, K. 2007. Enviromental Education Curriculum and Teaching Methods. New Delhi: SARUP and Sons.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo, M dan Ukim K.. 2009. Landasan Kependidikan Konsep dan Alikasinya. Jakarta: Bumi aksara.

Supriadi. 2006. Hukum Lingkungan di Indonesia: Sebuah Pengantar. Jakarta: Sinar Grafika.

Surna, N. I., dan Panderiot, O. D. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Walgito, B. 2003. Pengantar Psikologi Umum. ANDI. Yogyakarta.

Wardhana, W. A. 2004. Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta: Andi.

Widhiarso, W. 2011. Adjusted R Square pada SPSS. (Online), (http://widhiarso.staffug.ac.id diakses pada 18 Januari 2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.