Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Energi dalam Sistem Kehidupan dengan Model Argument Driven Inquiry (ADI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas buku penuntun praktikum energi dalam sistem kehidupan yang dikembangkan dengan model ADI. Desain penelitian ini adalah R&D dengan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate, tetapi tahap disseminate tidak dilaksanakan. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Produk yang dikembangkan memiliki karakteristik sampul yang menarik dan menggunakan huruf cambria font 14 dan 12. Setiap praktikum terdiri atas judul praktikum, dasar teori, tujuan, pertanyaan, alat, bahan, langkah kerja, skema argumentasi yang meliputi: claim, data/bukti, warrant, dan backing, sesi argumentasi dan laporan. Hasil uji validasi ahli dan praktisi menunjukkan bahwa rerata skor keidealan berkategori baik sekali, hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa rerata skor berkategori baik sekali, dan hasil uji keterlaksanaan untuk semua pecobaan menunjukkan bahwa rerata berkriteria hampir seluruh kegiatan terlaksana. Dengan demikian, buku yang dikembangkan valid dan praktis.
Kata kunci: Argument Driven Inquiry (ADI), energi dalam sistem kehidupan, penuntun praktikum
Full Text:
PDFReferences
Alwi, H. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga Cetakan Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Anderson dan Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arsika, R., & Ramadhan, M. Firman. 2015. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Lembar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika 1(1): 10-18.
Chen, Y.C. 2011. Examiniting The Integration Of Talk And Writing For Student Knowledge Construction Through Argumentation. Dissertation. The University Of Lowa, Lowa City, United States Of America.
Dermicouglu, T. and S. Ucar. 2012. The Effect of Argument-Driven Inquiry on Pre-Service Science Teachers Attitude and Argumentation Skill. Procedia Social Behavioral Science. 46 (5): 5035-5039.
Djaali dan Pudji, M. 2008. Pe-ngukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Ginanjar, W. S., U. Setiya, dan Muslim. 2015. Penerapan Model Argument Driven Inquiry Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemam-puan Argumentasi Ilmiah Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA. 20 (1): 32-37.
Hasnunidah, N. 2013. Pembelajaran Biologi dengan Strategi Argument-Driven Inquiry dan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hasnunidah, N. 2016. Pengaruh Argument-Driven Inquiry dengan Scafolding Terhdap Keterampilan Argumentasi, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi Dasar Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Lampung. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Isjoni. 2011. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Ke-lompok. Bandung: Alfabeta.
Nengsi, S. 2016. Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Inkuiri Ter-bimbing Mahasiswa Biologi. STKIP Payakumbuh.
Nieveen. 2007. An Introduction To Educational Design Research. Proceedings Of The Seminar Conducted At The East China Normal University. Pp. 23-26.
Nimah, H.I. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Pendekatan SETS untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 81hlm.
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.
Prasetyo, Z.K. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Me-ningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas Peserta Didik SMP. Skripsi. Yogyakarta.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rohaeti, E. E. 2008 Pembelajaran Dengan Pendekatan Eksplorasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Disertasi. Bandung: UPI.
Rohmah, M., dan Amri, S. 2013. Strategi dan Desain Sistem Pengembangan Sistem Pem-belajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Roshayanti, F. 2012. Pengembangan Model Argumen Asesmen Argumentatif Untuk Mengukur Keterampilan Argumen-tasi Mahasiswa Pada Konsep Fisiologi Manusia. Thesis, Program Pendidikan IPA. Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI.
Sadler, T. D., and Fowler, S.R. 2007. A Threshold Model Of Content Knowledge Transfer For Socioscientific Argumentation. Science Education, 90 (7), 986-1004.
Sampson, V. and Gleim, L. 2009. Argument-Driven Inquiry to Promote the Understanding of Important Concepts & Practices in Biology.The American Biology Teacher, 71 (8): 465-472.
Suharso dan Retnoningsih, A. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. CV. Semarang: Widya Karya.
Sulistyorini, S. 2007. Model Pem-belajaran IPA dan Penerapannya. Jakarta: Tiara Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.