Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Model Argument Driven Inquiry (ADI)

Umi Nurkhasanah, Neni Hasnunidah, Arwin Achmad

Abstract


The lab workbook was used to support laboratory activities. This study aims to describe the validity and practicality of the guide book of classification of living creatures developed with ADI model. The research design was R & D with 4-D model covering define stage, design, develop, and disseminate but disseminate not done. The practical lab book was made with a bright cover and a Franklin Gothic Book letter. Each practicum guide consists of a practical title, basic theory, objectives, research questions, tools, materials, work steps, argumentation schemes including claims, data, warrants, backing, argumentation sessions, and reports. Expert and practitioner validation test results are categorized as "excellent". The results of legibility test categorization "excellent". The results of the implementation test of practicum criteria "almost all activities performed". Thus, it can be concluded that the guiding book of practicum developed is declared valid and practical.

Buku penuntun praktikum digunakan untuk menunjang kegiatan laboratorium. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas dan praktikalitas buku penuntun praktikum klasifikasi makhluk hidup yang dikembangkan dengan model ADI. Desain penelitian adalah R & D dengan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate tetapi disseminate tidak dilakukan. Buku penuntun praktikum dibuat dengan sampul yang cerah dan huruf Franklin Gothic Book. Setiap penuntun praktikum terdiri atas judul praktikum, dasar teori, tujuan, pertanyaan penelitian, alat, bahan, langkah kerja, skema argumentasi yang meliputi claim, data, warrant, backing, sesi argumentasi, dan laporan. Hasil uji validasi ahli dan praktisi berkategori baik sekali. Hasil uji keterbacaan berkategori baik sekali. Hasil uji keterlaksanaan praktikum berkriteria hampir seluruh kegiatan terlaksana. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku penuntun praktikum dikembangkan dinyatakan valid dan praktis.

Kata kunci: Argument Driven Inquiry (ADI), klasifikasi makhluk hidup, penuntun praktikum



Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. . 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiada, I.W. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Asesmen Portofolio terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan. 1(1): 1-16.

Darmayanti, V. 2014. Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri Pada Pokok Bahasan Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Untuk Mening-katkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Maesan Bondowoso. J. Pend.Kim. 3(3): 93-102.

Hasnunidah, N. 2016. Pengaruh Argument Driven Inquiry dengan Scaffolding Terhadap Keterampilan Argumentasi, Ke-terampilan Berpikir Kritis, Dan Pemahaman Konsep Biologi Dasar Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Lampung. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mudjito. 2015. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nimah, H.I. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Pendekatan SETS Untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Sampson, V. dan Gleim, L. 2009. Argument Driven Inquiry to Promote the Understanding of Important Concepts & Practices in Biology.Academic Journal Article. 1 (1): 465-472.

Subamia, I Gusti, dan I Nyoman. 2014. Pengembangan Perangkat Penunjang Praktikum IPA SMP Berorientasi Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 47 (1): 29-39.

Subiantoro. A. W. 2008. Pentingnya Praktikum Dalam Pembe-lajaran IPA. Disampaikan dalam kegiatan PPM bagi guru IPA SMP kota Yogyakarta. Yogyakarta : FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Thiagarajan, Semmel dan Semmel. 1974. Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children A Blomington: Central For Inovation On Teaching The Hardicapped.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Waluyo, M. 2014. Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis Untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMP. Online:digilib.uns.ac.id/view/year/2014.type.htm. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Weston, A. 2000. A Rulebooks For Arguments. London: Hackett Publishing Company.

Wijayanto, D. 2012. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Asam Basa. Malang: Universitas Negeri Malang.

Zulaiha, Hartono, dan Ibrahim, R. 2014. Pengembangan Buku Panduan Praktikum Kimia Hidrokarbon Berbasis Keterampilan Proses Sains di SMA. J.Pendidikan.Kim. 1(1): 87-93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.