PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Rizki Faya Islami, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The purpose of this study to determine the effect of PBL models to increase student’s critical thinking skills and learning activities at class X SMA Negeri 3 Kotabumi in Environment subject matter. The research design was pretest-posttest equivalent groups.The samples were X5 and X3 class which selected by purposive sampling.Quantitative data obtained from the average of pretest, posttest, and N-Gain were statistically analyzed using u-test.Qualitative data in the form of student’s activities. The results showed that there are no significant effect improving student’s critical thinking skills with using PBL models, it’s seen in average N-gain of experiment 32.13 and control 30.54 . But the average of all student’s activities in PBL models class was higher each meeting.It’s can be concluded that the use of the PBL models can’t significant improve critical thinking skills but it can improve student’s activities in environment subject matter.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi pada materi pokok Lingkungan. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok equivalen. Sampel adalah siswa kelas X5 dan X3 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-Gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-u. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL berpengaruh tidak signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, ini terlihat rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 32,13 dan kelas kontrol sebesar 30,54. Namun hasil rata-rata keseluruhan aktivitas siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL dinyatakan tinggi setiap pertemuannya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan secara tidak signifikan kemampuan berpikir kritis siswa, tetapi mampu meningkatkan aktivitas siswa pada materi pokok Lingkungan.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, lingkungan, model PBL.


Full Text:

PDF

References


Amri, dan Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Apriyani, N.H. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered HeadTtogether (NHT) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Pokok Protista. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

BSNP. 2006. Standar dan Kompetensi DasarUntuk SMA/MA Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Mills, D. 2003. Problem-Based Learning. Diakses dari www.hebes.mdx.ac.uk/teaching/Research/PEPBL pada Rabu, 18 Maret 2013 12:18 a.m.

Nikmah. 2010. Problem Based learning. Diakses dari http://nikmah010990.files.wordpress.com pada Kamis 21 Februari 2013 10.00 a.m.

Santyasa, I.W. 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif. Makalah Pelatihan Pembelajaran dan Asesmen Inovatif bagi Guru-Guru Sekolah Menengah di Kec. Nusa Penida. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Supriyadi. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Pada Manusia (2009/2010). (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Suwandi, Tri. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Open-Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Oleh Siswa Pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati (2010/2011). (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.