Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Flash pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas XI
Abstract
Thisstudy aimed to produceFlash-basedlearningmedia on the human digestion system of XIth grade. The research design wasResearchandDevelopment (R&D).The subject were students of XI IPA 1 as experiment class and X IIPA 2 as control class at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Thisresearch done by threesteps, pre-study, development,andevaluation. Questionnaire was used to collect qualitative data by subject matter expert test, media expert test, language expert test, and attractiveness test which analyzed descriptively. Test was used to collect quantitative data by effectiveness test which analyzed using Mann-Whitney U test. The resultsshowed thatFlash-based biology learning media was appropriatewith the requirements. Effectiveness testshowed that average oflearningoutcomes ofexperiment class was higherthancontrolclass(experiment= 79,26;control=70,59) and got probability 0,008.Attractiveness test was 3,28with valueassessment wasinteresting.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis Flash pada materi sistem pencernaan manusia pada kelas XI. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development, subjek uji coba adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol pada SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif melalui uji ahli materi, uji ahli media, uji ahli bahasa, uji praktisi, dan uji kemenarikan yang dianalisis secara deskriptif. Tes digunakan untuk mengumpukan data kuantitatif melalui uji efektivitas yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran biologi berbasis Flash sesuai dengan kebutuhan. Hasil uji efektivitas menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 79,26; kontrol = 70,59) dengan probabilitas sebesar 0,008. Uji kemenarikan memperoleh nilai kelayakan 3,28 dengan penilaian menarik.
Kata kunci: biologi, flash, media pembelajaran, sistem pencernaan manusia
Full Text:
PDFReferences
Ariwibowo, D. 2016. Pengembangan Aplikasi Simulasi Perhitungan Ener-gi Mekanik Berdasarkan Hukum Kekekalan Energi dalam Proses Belajar Siswa. Jurnal PROSISKO. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 3 (1) : 12-16 (Online), (http://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/download/115/173., 10 September 2017. Pukul 15.30 WIB).
Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Handhika, J. 2012. Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Madiun: IKIP PGRI Madiun. 1 (2) : 109-114 (Online), (http://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/pdf/jpii/2127/222889890., 06 Desember 2016. Pukul 13.50 WIB).
Harahap, H. S., Hasruddin., dan E. Julia. 2015. Pengembangan Media Ajar Interaktif Biologi Berbasis Macromedia Flash pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia untuk Kelas XI SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Biologi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. 12 (01): 636-644 (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/7173/4952787897. 22 Oktober 2016. Pukul 10.20 WIB).
Kustiawan, U. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.
Rachmat, A., dan A. Roswanto. 2006. Pengantar Multimedia. (Online), (http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia.pdf), diakses 24 Oktober 2016 Pukul 12.45 WIB.
Rusman., D. Kurniawan., dan C. Riyana. 2012. Pembelajaran Berbasis Tek-nologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadiman, A. S., R. Rahardjo., A. Har-yono., dan Rahardjito. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengemba-ngan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Ku-antitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wulan, K. 2013. Modul Multimedia CD Interaktif Sebagai Media Pe-nyampai Materi Pembelajaran yang Efektif dan Aktraktif. Depok: Universitas Gunadarma.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.