Kesulitan Guru IPA Kelas VIII Se-Kecamatan Metro Pusat Dalam Merencanakan dan Melaksanakan Asesmen

Okta Via Arisca, Rini Rita T. Marpaung, Berti Yolida

Abstract


This study aimed to identify difficulty of VIII grade science teacher at junior high schools sub district Metro central in academic year of 2016 / 2017 in planning and implementing assessments. The samples were 5 teachers who entirely science teacher class VIII and chosen by sampling saturated technique. Design research was descriptive design. Data difficulty teachers in planning and implementing assessments were obtained from the results of questionnaire and interview of science teachers that were analyzed descriptively. The results of the study showed the average of difficulty experienced teachers in planning and implementing assessments was quite. The main factors that caused teachers had difficulty in planning assessments was make the achievement indicators competence school tuition while that cause teachers had difficulty in implementing assessments was the implementation of the assessments affective domain, especially in observe attitude aspects.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru IPA kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Pusat tahun ajaran 2016/2017 dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Sampel penelitian berjumlah 5 guru yang seluruhnya merupakan guru IPA kelas VIII dan dipilih dengan teknik sampling jenuh. Desain penelitian adalah desain deskriptif. Data kesulitan guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen diperoleh dari hasil angket dan wawancara pada guru yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kesulitan yang dialami guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen tergolong cukup. Faktor utama yang menyebabkan guru cukup kesulitan dalam merencanakan asesmen adalah menetapkan indikator pencapaian kompetensi peserta didik sedangkan yang menyebabkan guru cukup kesulitan dalam melaksanakan asesmen adalah dalam pelaksanaan asesmen ranah afektif, terutama dalam mengamati aspek sikap.

Kata Kunci: asesmen, guru IPA, kesulitan, melaksanakan, merencanakan


Full Text:

PDF

References


Abdul, M. 2010. Perencanaan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ahmadi, A dan N. Uhbiyati. 2003. Ilmu . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayurianti, S. D. 2015. Hambatan Guru dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Kompetensi Keahlian Multimedia Pada Penerapan Kurikulum 2013 di SMK se-Daerah Istimewa Yogyakarta.Yogyakarta: UNY. (Online), (http://eprints.uny.ac.id., diakses pada 6 Mei 2017).

BSNP. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional . Jakarta: Sekretariat Negara.

Dewantari, P. M. 2015. Identifikasi Kesulitan Guru IPA dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Online), (http://jurnal.fkip.ums.ac.id., diakses pada 5 Mei 2017).

Kemendikbud. Peraturan Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). 2015. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. Peraturan Menteri dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian . 2016. Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maghfiroh, U. 2015. Pelaksanaan Penilaian Mata Pelajaran PPKN Kelas VII SMP Negeri 1 Lasem dan SMP Negeri 1 Sedan Berdasarkan Kurikulum 2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang. (Online), (http://lips.unnes.ac.id., diakses pada 6 Mei 2017).

Mustafa, Z. 2013. Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ningsih, N. 2012. Hambatan Guru Kewarganegaraan dalam Pelaksanaan Evaluasi di SMAN 1 Sanden. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id., diakses pada 6 Mei 2017).

Retnawati, H., S. Hadi., dan A.C. Nugraha. 2016. Kesulitan Guru SMK Provinsi Yogyakarta dalam Melaksanakan Asesmen pada Kurikulum 2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (http://eprints.uny.ac.id., diakses pada 6 Mei 2017).

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Sudarma, M. 2014. Profesi Guru Dipuji, Dikritis, dan Dicaci. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudaryono. 2012. Dasar Dasar Evaluasi . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susena, T., Supriyadi, dan Arief. 2015. Kesulitan-kesulitan Guru dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan (RPP) Mata Pelajaran Pendidkan Kewarganegaraan (PKN) Kurikulum 2013 di SMP se-Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. (Online), (http://jurnal.unad.ac.id., diakses pada 6 Mei 2017).

Widiyoko, E.P. 2012. Teknik Penyusunan Intrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyaningrum, N. 2015. Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Kewarganegaraan. Bandar Lampung: Universitas Lampung. (Online), (http://digilib.unila.ac.id., diakses pada 6 Mei 2017).

Wirawan. 2012. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Yuniarti, L. 2010. Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Agama Islam Di SD Islam Ngadirejo Tahun 2009-2010. Skripsi. Salatiga: Program Studi Agama Islam STAIN. (Online), (http://perpus.iainsalatiga. ac.id., diakses pada 6 Mei 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.