Kesulitan Pada Guru IPA SMP dalam Merencanakan dan Melaksanakan Asesmen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru IPA SMP dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Sampel penelitian ini berjumlah 30 guru IPA di SMP se-Kecamatan Tanjungkarang Pusat dan Tanjung Senang ajaran 2016/2017 yang dipilih dengan teknik sampling non probability. Desain penelitian adalah desain deskriptif. Data kesulitan guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen diperoleh dari hasil angket dan wawancara pada guru yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kesulitan yang dialami guru dalam merencanakan asesmen berkriteria rendah (35,70%) dan kesulitan dalam melaksanakan asesmen memiliki kriteria cukup (40,74%). Indikator kesulitan dengan rerata persentase tertinggi dalam merencanakan asesmen yaitu dalam membuat indikator pencapaian kompetensi. Sementara dalam melaksanakan asesmen yaitu pada ranah psikomotorik, khususnya dalam mengamati aspek yang dinilai dan optimalisasi alokasi waktu.
Kata kunci: asesmen, guru IPA, kesulitan, melaksanakan, merencanakan
Full Text:
PDFReferences
Dewantari, P. M. A. 2015. Identifikasi Kesulitan Guru IPA Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/ 2015. 2(3): 1-14. (Online), (eprints. ums. ac.id, diakses 11 Juli 2017).
Kurebwa, M dan L. T. Nyaruwata. 2013. Assessment Challenges in the Primary schools: A Case of Gweru Urban Schools. Greener Journal Of Educational Research. 3 (7): 336-344. (Online), (www. Gjour-nals.org, diakses 20 Oktober 2016).
Murniasih. , Subagia. , dan N. Sudria. 2013. Pengelolaan Pembelajaran IPA Studi Kasus Pada SMP Di Daerah Terdepan, Terluar, Dan Tertinggal. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1): 1-13 (Online), (pasca.undiksha.ac.id, diakses 02 Desember 2016).
Ningsih, N. 2012. Hambatan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SMAN 1 Sanden. Jurnal Citizenship. 1 (2): 123-132. (Online), (www. jogjapress.com, diakses 11 Juli 2017).
Nurjaya, I. G., Elly, K. dan Martha, N. 2016. Kemampuan Guru Dalam Penyusunan Evaluasi Untuk Pembelajaran Teks Eksmplum Sesuai Kurikulum 2013 Peserta didik Kelas IX Di SMPN 1 Banjar. e-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5 (3): 1-10. (Online), (ejournal. undiksha .ac.id, diakses 11 Juli 2017).
Permendiknas. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Permendikbud. 2016. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Prosedur Penilaian. Jakarta: Depdiknas.
Saragih, H. 2015. Meningkatkan Keterampilan Guru Membuat Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Bagi Guru Pada Sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 8(2): 114-122. (Online), (jurnal. unimed. ac.id, diakses 11 Juli 2017).
Sari, E. N., Rosyidatun, E. S. , dan J. Nengsih. 2015. Profil Penilaian Otentik Pada Konsep Biologi Di Sma Negeri Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 1 (1): 26-41. (Online), (download. portal garuda.org, diakses 02 Desember 2016).
Setiadi, H. 2016. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20 (2): 166-178: (Online), (journal. uny.ac.id. diakses 26 Juni 2017).
Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Uno, H. B., dan S. Koni. 2014. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wisudawati, A. W dan Sulistyowati, E. 2015. Metedologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.