Gaya Belajar Berdasarkan Gender dan Hubungannya dengan Hasil Belajar IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar berdasarkangender dan hubungan dengan hasil belajar siswa. Desain penelitian berupa deskritif kualitatif. Sampel penelitian adalah 120 siswa kelas IX SMP se-Kecamatan Kedaton yang dipiih secara purposive sampling. Data penelitian berupa gaya belajar dan hasil belajar, diperoleh dari angket dan tes tertulis, dianalisis secara deskriptif dan statistik menggunakan uji beda Mann-Whitney U dan uji korelasi Kendalls Tau. Hasilnya, diketahui ada tiga gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Gaya belajar auditorial lebih dominan dibandingkan gaya belajar yang lain. Dalam uji Mann-Whitney U tidak terdapat perbedaan signifikan antara gaya belajar siswa laki-laki dan perempuan. tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar pada siswa laki-laki dan perempuan.
Kata kunci: gaya belajar, gender, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. 2013. Prinsip-prinsip Teknik EvaluasiPengajaran. (Online), (http:// eprints. walisongo.ac.id/453/2/083811037_Bab3.pdf, diakses 13 Maret 2016, 20:20 WIB).
Damayanti, A. K. 2012. Pesona, Jurnal Psikologi Indonesia vol. (1). Malang: Universitas Wisnu Wardana.
Desmita, E. 2009. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
DePorter, B. Hernacki, M. 2002. Quantum Learning: Membia-sakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa: Ban-dung
DePorter, B. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikan Qu-antum Learning di Ruang-ruang Kelas. Kaifa: Bandung
Hamzah, B. U. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pem-belajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Margono.S. 2010. Metodologi Pe-nelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Markovic, S. dan Jovanovic, N. 2012 Learning Style as a Factor Which Affects the Quality Course, Southern Economic Jurnal, 77 (1): 224239. (Online),(http://akademik.Uhn.ac.id/portal/public_html/JurnalSuluhPendidikan/01(1)September2014/04%20Dearlina.pdf, diakses 28 November 2016, 12:15 WIB).
Purwanto, N. 2013. Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. (Online),(http://eprints.walisongo.ac.id/453/2/0838114005_Bab3.pdf, diakses 13 Maret 2016, 20.:20 WIB).
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung. Al-fabeta.
Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan. Kencana Pre-nada Media Group. Jakarta. 699 hml. (Online), (http://.jhse. ua.es, diakses 31 Maret 2016, 20:10 WIB).
Siberman, M., L. 2006. Active Learning; 101 cara Belajar Siswa Aktif. Nuansa Cendekia. Bandung .di unduh pada tanggal 17 Maret 2015, pukul 19:20. (Online),(http://academi cjournals.org, diakses 24 Desember 2016, 13:08 WIB).
Sugihartono, at.al.2007.Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suyanto, M.E. 2012. Pengaruh penggunaan variasi media dalam pembelajaran Inkuiri dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X SMA. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Uni-versitas Negeri Malang. (Online), (http://stainpame-kasan.ac.id, diakses pada 3 Oktober 2015, 06:17 WIB).
Syah, M. 2001, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru .Bandung. PT. Remaja Ros-dakarya.
Yahya, A, dkk. 2003. Hubungan Gaya Pembelajaran dengan Pencapaian Akademik Pe-lajar di Tingkatan Empat Sekolah Menengah Teknik Negeri Sembilan. Makalah disajikan dalam Seminar Na-sional Memperkasakan Sis-tem Pendidikan, Fakultas Pengurusan Perniagaan, Uni-versitas Teknologi Mara Cawangan Segamat, Johor bahru, 1921 Oktober. (Online),(http://cs.upi.edu/paper skripsi/ model pembelajaran gaya belajar. pdf, diakses 30 Maret 2016, 17:56 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.