Kesulitan Guru IPA Kelas VIII dalam Merencanakan dan Melaksanakan Asesmen

Rifki Dimastian, Rini Rita T. Marpaung, Berti Yolida

Abstract


This research aimed to gain the difficulty of science teachers in planning and implementation the assessment. The difficulties of science teachers in planning and implementation the assessment were affective, cognitive, and psychomotoric. The research's sample were science teachers of VIII grade in Teluk Betung Utara. Descriptive design was applied in this research. The writer collected the data from questionnaire and interview. The result of these questionnaires showed the difficulty of science teachers in planning the assessment that classified as moderate in determining the aim of assessment indicator, arranging the instrument and latticework, writing the question based on latticework and guideline of writing a question, determining the criteria of quality question, and arranging suspension guidelines. The difficulty of science teachers in implementing the assessment was classified as moderate of assessment implementing indicator of affective, cognitive, and psychomotoric. Conclusion in this research that were teachers difficulty in planning and implementation the asssessment could be classified as moderate criteria.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan guru IPA dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Kesulitan guru IPA dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen yaitu ketiga ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh yakni semua guru IPA kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Teluk Betung Utara. Desain pada penelitian ini adalah desain deskriptif. Analisis data kualitatif diperoleh dari hasil angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan guru IPA dalam merencanakan asesmen tergolong kriteria cukup pada indikator menetapkan tujuan asesmen, menyusun instrumen, menyusun kisi-kisi soal, menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan kaidah penulisan soal, menentukan kriteria mutu soal, serta menyusun pedoman penskoran. Kesulitan guru IPA dalam melaksanakan asesmen tergolong kriteria cukup pada indikator pelaksanaan asesmen ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kesulitan guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen termasuk dalam kriteria cukup.

Kata kunci: asesmen, guru IPA, kesulitan, melaksanakan, merencanakan


Full Text:

PDF PDF

References


Abidin, Y. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran. Bandung: Refrika Aditama.

Ahmadi, A dan N. Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rinerka Cipta.

Arikunto, S. 2008. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Kemedikbud.

Kunandar. 2011. Guru Profesional implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Ningsih, N. 2012. Hambatan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SMAN 1 Sanden. Jurnal Citizenship: 1 (2). 1-10. (online), (http://hambatan-guru-pendidikan-kewarganegaraan-dalam-pelaksanaan-evaluasi-pembelajaran), diakses 21 juni 2017.

Permendiknas. 2016. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Permendiknas.

Ruslan, F dan Alawiyah. 2016. Kendala Guru dalam Menerapkan

Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,1 (1). (online), (http://kendala-guru-dalam-penilaian-otentik), diakses pada tanggal 21 Juni 2017.

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Uno, H. B. dan S. Koni. 2014. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wirawan. 2012. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wisudawati, A. W. dan E., Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.