ANALISIS PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SE-KECAMATAN SUKARAME
Abstract
This study aimed to analyze the implementation of practice and its problem in life organization subject in junior high school on district Sukarame. The study use exploratory design and qualitative approach. The sample were science teachers in 7th grade who doing practice in life organization subject there are 4 teachers, which selected by purposive sampling technique. The data were primary and secondary. Primary data were obtained from teachers and student responses questionnaire, and interview, while secondary data were obtained by photo, observation sheet of practical stage, the assesment sheet of preparation practical worksheet, practical problem checklist and biodata of science teacher. Data were analyzed by Hubermann and Miles model. The result showed that criteria of the implementation of practice in life organization subject in junior high school on district Sukarame was very good. The problem that encountered in the practice were less of the science teacher role to conditioned the students and practice materials that brought by students was limited.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan praktikum dan permasalahannya pada materi organisasi kehidupan di SMP se-Kecamatan Sukarame. Penelitian dilakukan dengan desain eksploratori dan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah seluruh guru IPA kelas VII yang melakukan praktikum materi organisasi kehidupan sebanyak 4 guru, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui angket tanggapan guru maupun siswa, dan wawancara guru maupun siswa, sedangkan data sekunder diperoleh melalui foto, lembar observasi praktikum, lembar penilaian penyusunan LKS/LKPD praktikum, daftar ceklis permasalahan praktikum dan biodata guru IPA. Data dianalisis berdasarkan model Hubermann dan Miles. Hasil menunjukkan kriteria pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan di SMP se-Kecamatan Sukarame sangat baik. Permasalahan yang dijumpai adalah kurangnya peran guru IPA dan bahan praktikum yang masih dibawa oleh siswa sangat terbatas.
Kata kunci: organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, H. A. dan A. Supatmo. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asih, L., I. W. Muderawan, dan I. W. Karyasa. 2013. Analisis standar laboratorium kimia dan efektivitasnya terhadap capaian kompetensi adaptif di SMK negeri 2 Negara. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 3 : 2. (Online), (http:// pasca.undiksha.ac.id/e-journal /index.php/jurnal_ipa/article/view/802), diakses pada 3 Maret 2017.
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Fannie, R. D. dan Rohati. 2014. Pengembangan LKS berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika 8 (1): 96-109. (Online), (https://online-journal.unja.ac.id/index.php/sainmatika/article/view/2226), diakses pada 6 Februari 2017.
Hastuti, A. 2013. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Litasari, K., N. Setiati dan L. Herlina. 2014. Profil pembelajaran biologi berbasis laboratorium dan implikasinya terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Semarang. Unnes Journal of Biology Education 3 (2) : 172-179. (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/13019), diakses pada 2 Februari 2017.
Permendikbud. 2013. Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rustaman. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Malang: Universitas Negeri Malang.
Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: PT Graha Ilmu.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suwaibah, S. N. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Kimia Berbasis Asesmen Otentik dengan Estimasi Reliabilitasnya Menggunakan Program Genova. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Widodo, A. dan V. Ramdaningsih. 2006. Analisis kegiatan prak-tikum biologi di SMP dengan menggunakan video. Jurnal UPI Metalogika 9 (2): 146-158. (Online), (http:// file.upi.edu /.../JUR...BIOLOGI/...WIDODO/2006-Analisis_kegiatan_prakti-kum.pdf), diakses pada 10 Januari 2017.
Widoyoko, E. P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.