ANALISIS PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN SMP SE-KECAMATAN TELUK BETUNG BARAT

Ludfia Fatmawati, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aimed to analyze the implementation of practical work and its problems in life organization subject in Junior High School. The samples were 7th grade science teachers who doing practical work in life organization subjectthat were taken by purposive sampling. The primary data werequestionnaire and interview from teachers and students. The secondary data were observation sheets of probelmsin practical work, the implementation of practical work, and assignment of student work sheet by teachers. Data were analyzed by Miles and Huberman model. The result showed that the implementation of practial workin life organization subject in Junior High School Teluk Betung Barat Sub District was very good criteria. The problems in the implementation of practical work were the limitation of materials and equipments provided by the laboratory. In the implementation steps, the students got difficulty to use the equipment,such as microscope. The students also gotdifficulty to make the conclusion of the practice.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan praktikum dan permasalahannya pada materi orga-nisasi kehidupan di SMP. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh guru IPA kelas VII yang melaksanakan praktikum pada materi organisasi kehidupan yang diambil melalui teknik purposive sampling. Data berupa data primer yang berasal dari angket dan wawancara kepada guru dan siswa. Data sekunder berasal dari lembar observasi permasalahan praktikum, tahapan praktikum, dan penilaian LKS praktikum. Data dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwapelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan di SMP se-Kecamatan Teluk Betung Barat memilki kriteria sangat baik. Permasalahan pada pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan yaitu keterbatasan alat dan bahan yang disediakan oleh laboratorium. Pada tahap pelaksanaan praktikum, siswa kesulitan dalam menggunakan mikroskop dan membuat kesimpulan dari praktikum.

Kata kunci: materi organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum


Full Text:

PDF

References


Barnawi. 2012. Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Munandar, K. 2015. Pengenalan Laboratorium. Bandung: Refika Aditama.

Pertiwi, R. I. 2013. Persepsi Mahasiswa tentang Penyelenggaraan Praktikum pada Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh. Jurnal Pendi-dikan Terbuka Jarak Jauh. 4(1): 45-56. (Online), (http://www.ilp.ut.ac.id), diakses pada 1 Oktober 2016.

Pinilih, F. W, R. Budiharti, dan E. Y Ekawati. 2013. Pengembangan Instrumen Penilaian Produk pada Pembelajaran IPA untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika.1(2): 23-27. (Online), (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id), diakses pada 10 Oktober 2016.

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Singh, K. 2011. Study of Achievement Motivation in Relation to Academic Achievement of Student. International Journal of Educational Planning and Administration. 1 (2): 161-171. (Online), (http://www.ripublication.com), diakses pada 13 Maret 2017.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Suharso. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Semarang: Widya Karya.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, A dan V. Ramdaningsih. 2006. Analisis Kegiatan Praktikum Biologi di SMP dengan Menggunakan Video. Jurnal UPI Metalogika. 9(2): 146-158 (Online), (http://www.file.upi.edu/), diakses pada 10 Oktober 2016.

Widoyoko, E. P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pus-taka Pelajar.

Widyawati dan Novianti. 2016. Pengembangan Rubrik Asesmen Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 5(1):131-140. (Online), (http://www.ejournal.radinintan.ac.id), diakses pada 11 Oktober 2016.

Wisudawati, A. W., dan E. Sulistyowati. 2013. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.